5 Rekomendasi Wisata Healing di Jogja, Tenang dan Damai

Wisata Healing di Jogja
Ilustrasi (Foto: freepik.com)

Jogjakeren.com – Kegiatan sehari-hari memang terkadang membuat kita menjadi stres. Terutama bagi para warga kota besar, dengan kepadatan penduduknya yang membuat kejenuhan serta tugas-tugas yang biasanya membuat kita tertekan.

Maka dari itu, kebanyakan orang yang telah menjalani hari-hari beratnya, memilih untuk pergi berlibur atau self healing untuk menyegarkan pikiran sejenak. Salah satu kota favorit yang biasanya dipilih sebagai tempat healing adalah Yogyakarta.

Hal itu karena Kota Yogyakarta memiliki keunikan dan juga keberagaman wisata yang bisa dikunjungi ketika membutuhkan penyegaran. Alamnya yang masih sangat asri dan juga ketenangan di kota ini juga salah satu alasan lain.

Jika kamu ingin pergi berlibur sejenak di kota istimewa ini, tapi bingung ingin ke mana. Berikut ini rekomendasi tempat wisata di Jogja yang cocok untuk self healing. Yuk disimak!

1. Hutan Pinus Pengger

Wisata Healing di Jogja
Salah satu spot foto di Pinus Pengger.(Foto: Kompas.com)

Obyek wisata di Bantul yang menawarkan pemandangan asri hutan pinus adalah Hutan Pinus Pengger. Lokasinya berada di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Hutan Pinus Pengger memiliki sejumlah spot foto berlatar belakang hutan pinus dan pemandangan Kabupaten Bantul. Sebut saja, spot foto berbentuk tangan raksasa dan rumah khas suku Indian. Jika kamu mengunjungi Hutan Pinus Pengger pada sore menjelang malam, kamu bisa melihat kerlap-kerlip lampu Kota Yogyakarta. Pastikan kamu mengabadikan momen berfoto dengan latar belakang cahaya lampu dari ketinggian.

2. Pantai Widodaren

Wisata Healing di Jogja
Pantai Widodaren (Foto: kotomono.co)

Terdapat pantai tersembunyi di Kabupaten Gunungkidul yang siap memanjakanmu dengan pesona dan keindahannya. Pantai berpasir putih ini masih sangat alami dengan air lautnya yang begitu jernih. Suasana pantai masih tenang, sangat cocok untuk melepas penat dan sejenak menyingkir dari kesibukan. Di pantai ini kamu bisa menikmati keindahannya atau berkemah agar bisa menikmati suasana pantai lebih lama. Lokasi pantai berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul.

3. Pantai Jungwok

Wisata Healing di Jogja
Pantai Jungwok (Foto: kotomono.co)

Satu lagi pilihan wisata pantai yang cocok untuk self healing di Jogja. Suasana pantai yang tenang dan relatif sepi membuat pantai ini terasa seperti pantai pribadi, terlebih dengan lingkungannya yang masih sangat alami. Bukit batu karang di bibir pantai seolah menjadi pemecah ombak yang menghalau datangnya gelombang. Jika kamu ingin ke pantai ini, waktu terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Jungwok adalah saat sunrise di pagi hari. Untuk fasilitas tidak perlu khawatir, karena sudah ada toilet, warung makan dan juga deretan bangku di pinggir pantai yang eye catching sehingga membuat momen liburanmu semakin menyenangkan.

4. Geblek Pari Nanggulan

Wisata Healing di Jogja
Geblek Pari Nanggulan (Foto: jogjaprov.go.id)

Geblek Pari Nanggulan terletak di Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta. Rumah makan ini berkonsep pedesaan khas masyarakat Jawa. Nama Geblek Pari digunakan untuk hamparan sawah indah yang bersebelahan dengan tempat makan ini.

Kebanyakan pengunjung datang ke sini untuk sekedar bersantai di tepi sawah. Untuk urusan kulinernya, Geblek Pari menawarkan menu utama Geblek (singkong) yang merupakan ikon makanan Kulon Progo dan masih banyak menu lainnya. Harga di sini juga cukup terjangkau dengan kisaran harga 3.000 – 10.000 rupiah. Jam operasional mulai pukul 08:00 – 20:00 WIB.

5. Ledok Sambi

Wisata Healing di Jogja
Ledok Sambi (Foto: liputan6.com)

Ledok Sambi merupakan destinasi wisata yang berada di Desa wisata Sambi, Yogyakarta. Ledok Sambi ini dikelola dengan baik sehingga dapat memberikan beberapa fasilitas yang tentunya dapat memuaskan para wisatawan. Di sana disediakan warung kuliner, sehingga para wisatawan dapat berpiknik di pinggir sungai. Harga makanan dan minumannya pun terjangkau, berkisar Rp4.000 sampai Rp18.000.

Selain piknik, di Ledok Sambi para wisatawan juga dapat melakukan kemah di pinggir sungai hanya dengan membayar Rp35.000 per orang. Disamping itu, pengelola Ledok Sambi juga memberikan jasa sewa perlengkapan kemah, yaitu tenda dengan harga Rp120.000 per malam.

Wisatawan bakal terpuaskan setelah mengunjungi tempat ini, masih banyak spot lain yang asyik di Ledok Sambi, seperti main air di sungai, river tubing untuk anak, tembak-tembakan dengan paint ball, hingga fasilitas outbound.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.