Jalin Sinergi, Bakesbangpol DIY Terima Silaturahim Pengurus LDII DIY

LDII
Pengurus DPW LDII DIY bersilaturahim dengan Kepala Badan Kesbangpol DIY Dewo Isnu Broto Imam Santoso (tengah-batik), Kamis (12/5/2022)

Jogjakeren.com – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DIY Dewo Isnu Broto Imam Santoso menerima kunjungan silaturahim pengurus DPW LDII DIY di kantornya Jalan Tentara Rakyat Mataram Nomor 29 Yogyakarta, Kamis (12/5/2022). Turut menyambut silaturahim Kepala Subbidang Organisasi Kemasayarakatan Noericha Amalah.

Dewo mengucapkan terima kasih kepada LDII sudah berkenan silaturahim dengan Kesbangpol. “Melalui silaturahim ini, kami terbuka dan akan bersama ormas mewujudkan harapan masyarakat. Bagi ormas yang sudah terdaftar, Kesbangpol memberikan fasilitas ruang rapat dan kolaborasi kegiatan,” ujarnya.

Read More

Menurutnya, registrasi ormas sangat penting. Pertama, Kesbangpol dapat mengetahui perkembangan organisasi yang dibentuk di DIY. “Kedua, pemerintah daerah dapat meminta bantuan melalui ormas untuk komunikasi, silaturahim dan kolaborasi kegiatan dalam mewujudkan jogja yang damai,” katanya.

LDII
Screenshoot registrasi ormas DPW LDII DIY di Kesbangpol DIY.

Dewo menyoroti beberapa masalah yang masih terjadi di DIY, seperti sampah yang belum lama ini kembali menumpuk dan DIY merupakan pengguna narkoba urutan kelima se-Indonesia. “Kami ada kegiatan anti narkoba namun belum efektif, sehingga peran LDII sebagai lembaga dakwah sangat kami perlukan. Dalam membina generasi muda lebih dikuatkan agamanya, karena rata-rata pengguna narkoba adalah usia 16-35 tahun,” pesannya.

Kesbangpol, lanjut Dewo, juga memiliki kegiatan-kegiatan rutin seperti sinau pancasila, sosialisasi genota dan pada tahun 2023 akan ada kegiatan pencegahan radikalisme. “Jika dari LDII maupun ormas ada kegiatan yang bersentuhan dengan itu bisa menghubungi Kesbangpol,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPW LDII DIY Atus Syahbudin mengawali dengan mengucapkan terima kasih atas undangan audiensi dan sekaligus masih dalam suasana lebaran, mengucapkan taqobbalallaahu minna waminkum, “Semoga ke depan lebih baik lagi dan bisa bersinergi,” katanya. Disebutkannya, agenda utama audiensi adalah silaturahim sekaligus menyerahkan buku Munas IX LDII 2021 yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara hybrid.

LDII
Pada waktu yang bersamaan, ormas Grahana Trimata dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia bersilaturahim dengan Kepala Badan Kesbangpol DIY.

Atus melaporkan, beberapa warga LDII tergabung dalam anggota FKUB di Kabupaten Sleman dan Kabupaten Gunungkidul, “Termasuk Wakil Ketua DPW Bapak Anji Sujiman sebagai anggota FKUB Kabupaten Sleman dan satu orang menjadi anggota MUI DIY. Selain itu, beberapa masjid binaan LDII berdampingan dengan tempat ibadah seperti gereja dan pura, kami pun berdampingan rukun dan saling gotong royong,” katanya. Dalam FKUB tingkat provinsi, LDII berharap mendapatkan ruang yang lebih lebar lagi untuk bisa berkontribusi dan bersinergi.

Saat ini, LDII sedang mengembangkan ekonomi syariah bersama Bank Syariah Indonesia (BSI) baik tingkat provinsi, kabupaten hingga warga LDII dan masyarakat sekitar. “Kami berencana mengumpulkan ormas untuk refreshing mengenai ekonomi syariah, barangkali dari Kesbangpol bisa memberikan pengarahan mengenai ormas,” pinta Atus.

Tahun 2024 yang merupakan tahun politik, Atus mengatakan biasanya beberapa ormas dipancing untuk terbelah membela salah satu partai, “Kami sebagai ormas mantap menjadi penengah dan berusaha untuk netral, kami pun siap membantu terkait kebangsaan,” tandasnya.

Menimpali itu, Dewo mengucapkan terima kasih LDII telah bertekad bulat membantu pemerintah menghadapi pesta demokrasi, “Kami pun memahami pada tahun 2023 di pertengahan tahun sudah banyak hal yang mungkin dapat menjadikan perpecahan, untuk itu kami berharap dan mencoba mendinginkan suasana sehingga tidak berdampak pada perpecahan,” timpalnya.

Jajaran pengurus DPW LDII DIY yang dipimpin Ketua Atus Syahbudin, turut didampingi Wakil Ketua Anji Sujiman, Sekretaris Gatot Wardoyo, Anggota Biro Pendidikan Keagamaan dan Dakwah Endri Sulistyo dan bagian sekretariat Wibowo. Pada kesempatan itu, bersamaan ormas Grahana Trimata dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) silaturahim dengan Badan Kesbangpol DIY.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.