Alternatif Kegiatan Tahun Baru Jauh Dari Kerumunan

  • Whatsapp
jaga jarak
Sumber : Pixabay.com/Alexandra_Koch

Jogjakeren – Tidak terasa ya tahun 2020 sudah akan berakhir. Banyak orang mengatakan, akibat adanya pandemi Covid-19, tahun 2020 seakan-akan hanya punya 4 bulan : Januari, Februari, Maret, dan Desember. Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa tahun 2021 akan datang dan tentu akan ada kegiatan malam tahun baru. Malam tahun baru yang biasanya diisi dengan kegiatan-kegiatan di luar rumah bersama teman atau saudara, kini harus tetap menjaga protokol kesehatan dengan menghindari kerumunan. Jangan sedih, menghindari kerumunan bukan berarti tidak ada kegiatan positif yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah alternatif kegiatan tahun baru yang jauh dari kerumunan tapi tetap seru untuk dicoba.

Mencoba membuat menu baru bersama keluarga

Kegiatan malam tahun baru pertama yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di rumah adalah masak bersama. Anda dapat mencoba menu baru, mulai dari snack kekinian atau masakan khas daerah atau negara lain. Bisa juga membuat menu favorit keluarga yang sederhana namun penuh makna. Kegiatan seperti ini tidak hanya mampu mengisi malam tahun baru dengan keceriaan, Anda dan keluarga juga akan melatih kerjasama dan memiliki waktu bersama yang berkualitas.

Bereksperimen dengan benda-benda sederhana di rumah

Kegiatan tahun baru yang ini juga tak kalah seru, yaitu bereksperimen dengan benda-benda bekas di rumah. Anda dapat melakukan percobaan bertema sains yang seru atau bisa juga dengan melakukan daur ulang barang-barang bekas menjadi sesuatu yang bisa dimanfaatkan kembali, saat ini populer disebut dengan Do It Yourself (DIY). Acara seperti ini cocok sekali bagi Anda dan keluarga untuk memanfaatkan kembali barang-barang tersebut, misal untuk mempercantik rumah atau kebun. Selain dapat mengurangi tumpukan barang di gudang, Anda juga dapat mengasah kecerdasan dan kreativitas anak-anak.

Bermain cerdas cermat atau olimpiade sederhana

olimpiade keluarga
Sumber : Pixabay.com/Anemone123

Nah, bagi Anda yang memiliki jumlah anggota keluarga yang banyak, kegiatan tahun baru yang satu ini harus dicoba lho. Cerdas cermat dengan soal-soal umum yang bisa dijawab oleh anggota kelurga semua usia akan mengasyikkan. Ditambah lagi jika Anda menyiapkan hadiah sederhana yang bisa membakar semangat peserta (baca : anggota keluarga).  Selain aktivitas yang mengasah otak, Anda juga bisa membuat pertandingan semacam olimpiade untuk menyalurkan hobi olahraga. Tidak perlu susah-susah, misal dengan pertandingan catur, bulu tangkis, lompat tali, dan sebagainya. Bahkan Anda juga bisa menggunakan permainan unik seperti yang biasa dilakukan saat perayaan 17 Agustus-an. Seru, bukan?

Video call dengan kerabat jauh

Kegiatan malam tahun baru yang satu ini akan sangat berguna bagi Anda yang sedang terpisah jarak dengan anggota keluarga yang lain. Video call mungkin merupakan hal yang biasa dilakukan, namun jika momennya untuk mengisi malam tahun baru, tentu suasananya akan berbeda. Anda dan keluarga dapat saling bertukar kisah dan rencana di tahun 2021, dan sebagainya. Selain mengisi malam tahun baru, Anda juga bisa mempererat tali silaturahmi dengan keluarga atau kerabat yang mungkin saja susah bertemu ditahun ini.

Bertukar kado dari barang pribadi dan muhasabah diri

Bagi Anda yang ingin memiliki momen lebih dekat dan berkesan, Anda bisa melakukan kegiatan yang berkaitan dengan muhasabah dan beribadah seperti mendengarkan nasehat agama online di rumah, pengajian online, dan sebagainya. Hal ini akan bermanfaat sekali untuk mengevaluasi semua kegiatan yang dilakukan selama tahun 2020 sehingga kegiatan dan ibadah di tahun 2021 bisa diperbaiki dan ditingkatkan. Agar acara ini tidak membosankan, Anda dapat mengisi acara seperti tukar kado dengan aturan unik, misalnya kado tersebut tidak boleh barang baru dan harus berasal dari barang-barang pribadi. Kemudian, sebelum memberikan kado tersebut, pemberinya harus menceritakan hal-hal unik atau kisah menarik dari barang atau benda yang diberikan. Anda dapat mengkreasikan acara-acara di atas sesuai dengan kesukaan anggota keluarga agar lebih seru.

Baca Juga : Ingin Travelling dengan Aman di Era Adaptasi Kebiasaan Baru, Perhatikan 4 Tips ini!

Bagaimana? Sudahkah Anda memiliki pandangan kegiatan malam tahun baru apa yang akan dibuat? Jika perlu, Anda bisa menanyakan ide-ide seperti ini kepada anggota keluarga yang lain. Dengan begitu, malam tahun baru 2020 Anda akan tetap diisi dengan hal yang positif dan seru tanpa harus menghadapi risiko tertular Covid-19 akibat menghadapi kerumunan orang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *