Air Terjun Sri Gethuk, Hidden Paradise di Kawasan Karst Gunungkidul

Hidden Paradise Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul (vecteezy.com)
Hidden Paradise Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul (vecteezy.com)

Jogjakeren.com – Bagi Anda para pecinta travel dan wisata alam untuk menikmati keindahan Sang Pencipta, Air Terjun Sri Gethuk pasti akan menjadi salah satu tujuan Anda. Gunungkidul seakan tak pernah berhenti menunjukkan hidden paradise-nya.

Sri Gethuk menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menyajikan betapa indahnya kawasan sungai dan air terjun di Kabupaten Gunungkidul. Didominasi oleh kawasan kering, Gunungkidul ternyata memiliki sejumlah kawasan sungai, bahkan memiliki sejumlah air terjun yang menawan.

Read More

Tarif, Lokasi, dan Rute Menuju Air Terjun Sri Gethuk

Hidden Paradise Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul (vecteezy.com)
Hidden Paradise Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul (vecteezy.com)

Destinasi wisata air terjun yang satu ini terletak di Mungguran II, Kalurahan Bleberan, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogyakarta, destinasi wisata ini berjarak kurang lebih 40 km.

Perjalanan normal dari pusat Kota Yogyakarta hingga ke kawasan air terjun bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam. Akses menuju lokasi juga sudah sangat memadai, dengan jalan yang lebar serta telah diaspal.

Rute perjalanan menuju Sri Gethuk juga sudah semakin mudah dengan adanya petunjuk jalan. Anda hanya perlu mengikuti arah menuju pusat kota Wonosari, Gunungkidul. Setelah melewati kawasan Tahura, Bunder, Anda akan melintasi perempatan dengan lampu apill.

Anda masih harus lurus hingga menemui pertigaan dengan lampu apill yang berjarak kurang lebih 300 meter dari persimpangan dengan apill juga. Dari pertigaan tersebut, silahkan belok kanan dan mengikuti petunjuk jalan yang tersedia.

Sesuai dengan Google Maps, Anda bisa melihat lokasi dan rute Air Terjun Sri Gethuk di sini.

Tarif yang dikenakan sebagai biaya retribusi adalah sebesar Rp 15.000,- per orang. Biaya parkir sebesar Rp 2.000,- untuk sepeda motor, dan Rp 5.000,00 – Rp 10.000,00 untuk roda empat. Lokasi wisata dapat dikunjungi mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Daya Tarik Air Terjun Sri Gethuk yang Menawan

Daya Tarik Sri Gethuk Gunungkidul (IG: bangjand_)
Daya Tarik Sri Gethuk Gunungkidul (IG: bangjand_)

Sri Gethuk merupakan kawasan air terjun yang juga sekaligus sebagai jalur Sungai Oya. Sebagai ciri khas kawasan karst, di tempat wisata ini pengunjung akan menjumpai berbagai bebatuan karst serta air yang begitu segar dan jernih (di luar musim penghujan).

Air terjun yang tersedia di kawasan ini berjumlah 3 hingga 5 air terjun dalam satu lokasi. Hal ini tergantung pada musim yang sedang berlangsung. Sebab, untuk musim kemarau, tentu untuk debit air juga mengalami penurunan, sehingga jumlah air terjun pun juga dapat berkurang.

Ketinggian air terjun di Sri Gethuk adalah sekitar 25 meter. Sebelum jatuh ke sungai, air terjun jatuh ke bebatuan karst besar yang secara alami dihiasi oleh pepohonan dan tumbuhan semak. Setelah air terjun jatuh ke bebatuan karst, air akan mengalir dan jatuh ke Sungai Oya.

Menikmati Air Terjun dan Wahana Terjun Bebas

Menikmati Keindahan di Sungai Oya, Sri Gethuk Gunungkidul
Menikmati Keindahan di Sungai Oya, Sri Gethuk Gunungkidul (IG: @arumfahmif)

Selepas bermain di bawah air terjun, pengunjung dapat terus menikmati keindahan air terjun dengan berenang di Sungai Oya. Di depan air terjun, juga tersedia wahana untuk terjun bebas setinggi kurang lebih 4 meter.

Pengunjung dapat menguji adrenalin dengan mencoba terjun bebas di wahana tersebut. Namun jika untuk sekadar menikmati keindahan, pengunjung dapat berenang-renang dan berendam di Sungai Oya tepat di depan air terjun.

Lokasi ini juga menjadi spot foto yang sangat menarik para pengunjung. Momen keseruan bersama dengan keluarga maupun rekan-rekan akan sangat pas untuk diabadikan di kawasan air terjun yang begitu memukau.

Rafting atau Susur Sungai dengan Rakit di Sri Gethuk

Menikmati Susur Sungai Oya di Kawasan Sri Gethuk (IG: @jackdamars)
Menikmati Susur Sungai Oya di Kawasan Sri Gethuk (IG: @jackdamars)

Selain keindahan air terjunnya, di kawasan wisata ini, pengunjung juga dapat menikmati keindahan Sungai Oya. Untuk wahana ini, pengunjung akan disajikan dengan deretan sungai Oya yang begitu indah dengan hiasan bebatuan karst di sepanjang dinding sungai.

Pengunjung dapat menikmati keindahan Sungai Oya dengan rafting dan mengenakan penampung. Tak perlu khawatir, pelaksana destinasi wisata juga menyiapkan guide yang akan memandu rafting para pengunjung.

Bagi pengunjung yang tidak ingin bermain basah-basahan di sungai, susur sungai juga dapat dilakukan dengan menaiki rakit. Rakit dapat membawa hingga 14 orang, sehingga akan cocok untuk keseruan bersama dengan rombongan Anda.

Fasilitas yang Sangat Lengkap dan Memadai

Kawasan Air Terjun Sri Gethuk juga telah dilengkapi dengan fasilitas umum yang sangat memadai. Mulai dari toilet dan kamar mandi yang banyak tersedia, mushola, tempat parkir yang luas, hingga tempat makan dan restoran yang sangat nyaman.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.