Gurihnya Peyek Kacang Tumpuk Khas Jogja

  • Whatsapp
Peyek Kacang Tumpuk Khas Jogja
Ilustrasi peyek kacang tumpuk (Foto: rentalmobiljogja.id)

Halo sahabat jogker!!!

Jogja merupakan sebuah kota yang kaya akan budaya dan wisata. Dari wisata alam hingga buatan manusia yang keren dan instagramable tersedia di kota ini. Selain itu, temen-temen bisa menikmati wisata kuliner yang mempunyai ciri khas tersendiri. Jangan lupa bila berkunjung ke Jogja, membawa oleh-oleh. Aneka jajanan tersedia di Kota Wisata ini, dari kue kering, kue basah, hingga makanan ringan tersedia disini.

Oleh-oleh, menjadi ciri khas dari akhir sebuah perjalanan wisata. Tidak hanya kalangan wisata pelajar dan wisata keluarga saja yang tetap menginginkan oleh-oleh ketika wisata. Hampir semua wisatawan selalu menanyakan dimana bisa membeli oleh-oleh yang khas, unik, enak dan harga terjangkau. Wah, tidak terlalu sulit lah untuk menentukan dimana tempat membeli oleh-oleh wisata ketika di Jogja. Hampir semua tempat yang satu jalur menuju destinasi wisata dapat ditemukan pusat oleh-olehnya.

Berlibur di Jogja akan terasa hampa bila tidak membawa oleh-oleh pulang. Jika berbicara mengenai oleh-oleh khas Jogja, mungkin bayangan temen-temen adalah bakpia. Ternyata, terdapat oleh-oleh yang khas dari kota istimewa ini loh.. Peyek Kacang Tumpuk. Yap, jika mendengar namanya mungkin akan terlihat biasa saja. Namun, jika dilihat dari fisiknya peyek kacang tumpuk ini terlihat unik dan berbeda dengan peyek pada umumnya.

Peyek Kacang Tumpuk ini berbentuk tumpuk-tumpuk tidak beraturan dengan tepung dan kacang yang gurih dan kremes. Oleh-oleh yang mengedepankan rasa gurihnya daripada rasa manis, sehingga sangat cocok untuk dinikmati ketika perjalanan pulang maupun saat sampai di kota tujuan.

Rasanya yang enak dan gurih ini ternyata memiliki resep tersendiri, terletak pada bahan baku dan cara memasaknya. Bahan baku yang paling utama pembuatan Peyek Kacang Tumpuk adalah tepung beras dan kacang tanah dengan perbandingan 1 : 2. Dengan perbandingan 1 kg tepung beras, dibutuhkan 2 kg kacang tanah  sehingga rasa kacangnya akan sangat terasa. Dari sinilah peyek kacang ini banyak digemari oleh pengunjung.

Cara pembuatan peyek ini cukup mudah kok. Caranya, setelah bahan utama siap, kemudian beberapa bumbu seperti kemiri, kencur, dan ketumbar ditambahkan kedalamya. Tak lupa ditambahkan dengan sedikit garam dan santan agar peyek terasa gurih. Kemudian tambahkan beberapa butir telur agar adonan menjadi lebih kremes ketika selesai digoreng.

Setelah adonan siap, kemudian kacang tanah dimasukkan. Tahapan penggorengannya pun tidak sembaragan, ada tiga tahapan dalam penggorengan Peyek Kacang Tumpuk. Pertama, peyek dibentuk terlebih dahulu kemudian digoreng hingga kering. Kemudian, peyek didiamkan selama satu malam. Terakhir, peyek yang sudah didiamkan lalu digoreng kembali dengan minyak yang tidak bersuhu tinggi sehingga tidak mudah gosong walaupun digoreng hingga kering.

Salah satu yang terkenal adalah Peyek Mbok Tumpuk yang berada di Jogja bagian selatan dan masih banyak peminatnya hingga sekarang. Peyek Mbok Tumpuk dibandrol dengan harga sekitar Rp35.000 per kilonya. Cukup murah dan terjangkau ya untuk ukuran harga ibu kota dan luaran Jogja. Dengan oleh-oleh peyek Mbok Tumpuk ini bisa menjadi buah tangan bagi kalian yang sedang berwisata di Jogja.

Peyek Mbok Tumpuk sendiri sudah termasuk oleh-oleh yang melegenda karena sudah berumur sekitar lebih dari 40 tahun lamanya. Posisi secara brand oleh-oleh di Jogja tentunya sudah cukup kuat. Peyek Mbok Tumpuk bisa masuk dalam nominasi oleh-oleh yang dicari ketika di Jogja. Seperti halnya Bakpia, Geplak, Yangko , Gudeg dan yang lainnya.

Gimana sabahat jogker!! Jika berkunjung ke Jogja jangan lupa beli peyek kacang tumpuk khas jogja ini yak..

Salam Sehat..

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *