Nikmatnya Lotek Jogja, Makanan Sederhana yang Melegenda

  • Whatsapp
Lotek Jogja
Ilustrasi lotek khas Jogja (Foto: dvozkitchen.blogspot.com)

Hai sobat jogker!!

Selain tempat wisata yang banyak dan keren-keren, kalian bisa menikmati wisata kuliner di Jogja. Yap, kalian tau nggak sih, ternyata kuliner di Jogja itu banyak loh. Bukan hanya gudeg saja yang khas di Jogja, tapi makanan satu ini juga menjadi makanan legendaris Yogyakarta.

Bacaan Lainnya

Makanan itu adalah lotek. Makanan ini sangat mudah ditemui bahkan hampir di setiap gang di wilayah Jogja terdapat penjual lotek. Meskipun dianggap makanan khas Bandung, namun banyak sekali penjual lotek di Jogja dan ternyata, eksistensinya pun mampu bersaing dengan gudeg meskipun tidak seistimewa makanan khasnya Jogja.

Sepintas lotek mirip gado-gado atau rujak lontong. Lotek sendiri adalah beragam sayuran seperti bayam, kacang panjang, tauge, kobis, mentimun, tomat, kupat, irisan bakwan dan disajikan bersama bumbu kacang. Bedanya dengan gado-gado, bumbu kacang lotek baru dibuat dengan cara diulek setelah ada pesanan dari pelanggan.

Selain menggunakan kacang, bumbu lotek terdiri dari cabai rawit, bawang putih, daun jeruk, kencur, air asam jawa yang diulek menjadi satu. Rasa pedas gurih sambal kacangnya terasa pas dengan segarnya beragam sayuran. Untuk lotek anda bisa request tingkat kepedasan yang anda inginkan.

Sedang untuk gado-gado berisikan kobis, tauge, ketupat, kentang, tahu, telur, bakwan, daun slada, kemudian disiram kuah kacang, dengan tambahan kecap, sambal, serta lalapan timun dan tomat. Hidangan yang satu ini juga tidak kalah mantapnya dari lotek. Dibanding dengan lotek, bumbu kacang gado-gado terasa lebih lembut.

Untuk bisa menikmasti satu porsi lotek kisaran harganya mulai Rp 10.000,-. Namun, kalian juga bisa mencoba membuatnya sendiri loh. Jika diperhatikan, cara membuat lotekpun cukup mudah.  Dimana komposisinya bisa dibilang tidak sulit untuk diperoleh disekitar kita.

  • Pertama, siapkan sayur-sayuran seperti kol, tomat, timun,kacang panjang, bayam dan bumbunya seperti kacang tanah goreng, daun jeruk, gula merah, kencur, garam, air asam jawa.
  • Setelah bahan dan bumbu siap, maka rebus bayam dan kacang panjang, rendam asam jawa dengan air hangat lalu larutkan bumbu dengan air asam jawa.
  • Haluskan bumbu, setelah halus masukkan kacang goreng. Ulek sampai halus, masukkan gula jawa. Ulek kembali sampai tercampur kemudian tes rasa.
  • Masukkan sayuran yang sudah direbus. Tambahkan kol, tomat, dan timun lalu aduk rata.
  • Tambahkan potongan tahu atau tempe bacem dan kerupuk. Sajikan dengan menambahkan kerupuk. Selamat mencoba.

Gimana mudah bukan?

Yuk, bagi kalian yang suka kulineran dan belum pernah cobain,  kalian wajib coba lotek Jogja. Selain murah, lotek juga sehat bukan?Segarnya sayuran dan irisan tomat mentimun ditambah dengan gurihnya saus kacang. Mantap..

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *