Ide Bisnis Kuliner yang Diprediksi Tren di 2021

  • Whatsapp
ide bisnis kuliner
Ide bisnis makanan sehat di 2021 (Foto: Freepik.com)

Jogjakeren – Seperti yang telah kita ketahui, pandemi Covid-19 di Indonesia hingga 2021 ini masih terjadi. Akibat pandemi Covid-19 ini secara tidak sengaja mengubah sebagian besar gaya hidup seseorang. Salah satu cara bertahan dalam kondisi perubahan dimasa pandemi ini, dengan berbisnis guna memenuhi ekonomi. Berikut kami rangkum prediksi tren ide bisnis kuliner di 2021.

1. Ghost Kitchen

Pandemi berpengaruh juga pada bisnis di seluruh belahan dunia. Tindakan social distancing menjadi salah satu penyebabnya, sebagian orang lebih memilih untuk makan di rumah daripada di luar.

Ghost kitchen merupkan bisnis kuliner yang memproduksi makanan tetapi tidak memiliki restoran untuk pelanggan makan di tempat. Bisnis ini mengandalkan layanan delivery.

Dalam Femina.com, Dorothy Creamer, Senior Research Analyst, Hospitality & Travel Digital Transformation dari International Data Corporation (IDC), mengatakan bahwa ghost kitchen memiliki keuntungan karena tidak memerlukan modal sebesar restoran yang membutuhkan staff lebih banyak dan tempat  atau bangunan yang luas. Namun, Dorothy tetap mengingatkan bahwa baik itu restoran atau ghost kitchen tetap membutuhkan sebuah managemen yang baik.

Gaya bisnis ini dirasa paling logis di saat pandemi ini dan diprediksi tetap tren di 2021. Mengingat perkembangan teknologi, seperti aplikasi online yang semua dapat diantar dan dikirim dengan mudah.

2. Bisnis Makanan ‘Lebih Sehat’

Hasil survey di Amerika Serikat menyatakan 64% persen masyarakat berkeinginan untuk makan ‘lebih sehat’. Lagi-lagi, pandemi adalah pemicunya. Diprediksi produk yang lebih sehat akan naik daun di 2021.

Sebenarnya, produk sejenis ini sebelumnya sudah ada, hanya saja saat itu perhatian masyarakat mengenai hal masalah kesehatan kurang, sehingga produk ini kurang dilirik. Perubahan mindset ini tentunya membuat industri makanan dan minuman fast moving consumer goods (FMCG) harus terus berstrategi dan berinovasi mengikuti perkembangan pasar.

Berikut jenis makanan yang diprediksi tren di 2021.

Makanan Nabati

Vegetarian dan veganisme adalah dua tren yang berkembang. Mayoritas orang melakukan perubahan gaya hidup ini karena salah satunya mempromosikan kesehatan dan kebugaran.

Postbiotik

Postbiotik sedang dipelajari untuk manfaat antiinflamasi dan antioksidan, juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan serta meningkatkan perlindungan usus. Postbiotik dapat ditemukan di beberapa makanan yang sama yang mengandung probiotik seperti kefir, sauerkraut (kubis yang diiris dan difermentasi), serta sourdough.

Produk Segar dan Beku

Menurut studi yang dilakukan oleh 210 Analytics, IRI, dan Produce Marketing Association (PMA) pada Mei 2020, penjualan produk segar mengalami peningkatan 14,3 % dan penjualan produk beku memiliki pertumbuhan yang mengesankan sebesar 33,8%. Konsumen berada dalam pola pikir persediaan dan beralih ke produk beku untuk menghindari beberapa perjalanan toko bahan makanan selama karantina.

ide bisnis kuliner
ilustrasi ide bisnis fresh food with zero waste (Foto: freepik.com)

3. Bisnis Makanan Konsep Melawan Perubahan Iklim

Produksi makanan merupakan penyumbang signifikan terhadap perubahan iklim, terhitung seperempat emisi gas rumah kaca global. Tetapi, pilihan makanan dapat membantu melawan efek perubahan iklim. Tahun ini Panera bermitra dengan Cool Food akan membantu pelanggan mengidentifikasi item menu dengan jejak karbon lebih rendah, seperti baja bowl dengan ayam.

Sumber :

https://lifestyle.sindonews.com/read/288568/155/5-jenis-makanan-sehat-yang-akan-jadi-tren-di-2021-1609653660

https://seller.alibaba.com/businessblogs/pxy19l4u-6-food-and-beverage-industry-trends-for-2021

https://www.femina.co.id/food-trend/prediksi-tren-bisnis-kuliner-2021

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *