Keluarga Sebagai Ruang Komunikasi Utama

Komunikasi Keluarga
Ilustrasi (Foto: republika.co.id)

Jogjakeren.com – Semasa kecil kita tumbuh dan dibesarkan dalam lingkaran keluarga. Sebagai makhluk sosial kita memerlukan ruang komunikasi kepada sesama manusia.

Namun sebelum menuju ruang komunikasi luas, kita memperoleh pola komunikasi dari komunitas keluarga. Bentuk komunikasi antar anggota keluarga merupakan pendidikan yang pertama kali kita peroleh.

Read More

Selain sebagai pendidikan yang utama, fungsi keluarga dapat menjadi komunitas anti-toxic untuk kita. Istilah toxic dalam bahasa inggris diartikan sebagai racun. Sifat racun yang membahayakan ini, sama halnya dengan orang-orang toxic yang menjadi penyebab ketidaknyamanan saat bergaul di komunitas tersebut.

Lain halnya dengan komunitas keluarga, keluarga yang harmonis dan mengedepankan rasa empati akan memberikan rasa aman dan kasih sayang kepada kita.

Praktik empati yang diberikan keluarga bisa berupa melihat, merasa, mendengar dan menyampaikan pesan dengan menjunjung rasa empati terhadap diri kita. Konsep komunikasi yang dibangun dengan rasa empati antara orang tua dan anak akan memberikan bentuk kenyamanan pada keduanya. Tidak hanya memberikan rasa nyaman, namun dampak positif untuk psikolog anak akan sangat berpengaruh.

Dilansir dari laman ugm.ac.id, pernyataan dari Direktur Center for Public Mental Health (CPMH) Fakultas Psikologi Universitas Gadjah mada (UGM), Dr. Diana Setiyawati, M.HSc., Psy., mengatakan bahwa cara- cara keluarga dalam mengekspresikan dan mengomunikasikan sesuatu bisa membentuk kesehatan atau justru kesakitan mental anak.

Penegasan tersebut menyimpulkan bahwa keluarga menjadi faktor terbentuknya kesehatan mental. Setiap orang pasti menginginkan kesehatan mental yang baik dan seimbang. Oleh karena itu, dukungan dari lingkungan keluarga dalam upaya membentuk karakter generasi suatu hal yang penting.

Hal tersebut diharapkan, agar nantinya anak-anak menjadi generasi yang berkarakter,  dan unggul dalam menghadapi permasalahan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.