Komsos Kreatif Kodim 0730/Gunungkidul, 9 Perguruan Pencak Silat Unjuk Kebolehan

Komsos kreatif
Persinas ASAD tampil memeriahkan Komsos Kreatif Kodim 0730/Gunungkidul.

jogjakeren.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0730/Gunungkidul menyelenggarakan Pagelaran Pencak Silat yang merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka Komsos Kreatif Triwulan III Tahun 2020 pada hari Kamis (23/7/2020).

Dalam kegiatan yang bertajuk “Membentuk SDM Kreatif, Inovatif, dan Adaptif” ini, Komandan Kodim (Dandim) 0730, Letkol. Inf. Noppy Laksana Armiyanto, SH mengundang Bupati Gunungkidul (mewakilkan) dan jajaran OPD, Kapolres dan Wakapolres Gunungkidul, Kajari Gunungkidul dan Ketua Pengadilan Negeri Gunungkidul, Camat, Kapolsek seluruh Gunungkidul, Ketua KONI, Ketua IPSI, dan tamu undangan lainnya.

Read More

Dandim Kodim 0730 turut mengundang 9 Perguruan Pencak Silat di Gunungkidul untuk memeriahkan pagelaran pencak silat. Perguruan Pencak Silat tersebut yaitu Persinas ASAD, Tapak Suci, PSHT, IKS Kera Sakti, Persatuan Hati, POPSI Bayu Manunggal, Pagar Nusa, Cakra Kembang, dan Walet Puti.

Jalannya Acara Pagelaran Pencak Silat

Acara ini dibuka dengan pemeragaan jurus tunggal baku pencak silat jurus 1 – 2 yang dilakukan oleh seluruh perwakilan dari 9 Perguruan Pencak Silat yang diundang.

Kegiatan dilanjutkan dengan pertunjukan seni pencak silat dari masing-masing perguruan yang dilanjutkan sambutan dari Dandim 0730. Dalam sambutannya, Letkol Inf Noppy menyampaikan terima kasih kepada semua perguruan pencak silat atas partisipasinya.

Bersama dengan Kapolres Gunungkidul, Letkol. Inf. Noppy berharap, atlet-atlet yang unggul bisa tumbuh dari generasi muda Gunungkidul. Diharapkan pula, dapat terbentuk atlet-atlet yang menjadi pengabdi bangsa terbaik dan berprestasi.

“Menjadi suatu kebanggaan generasi muda Gunungkidul bisa menjadi tunas bangsa yang dapat menyalurkan hobinya dengan positif. Harapannya atlet-atlet Gunungkidul menjadi penerus yang berprestasi di tingkat daerah, provinsi, nasional maupun internasional dan bisa berbakti pada bangsa dan negara,” ujar Kapolres AKBP Agus Setiawan, S.IK.

Pemberian Piagam Penghargaan Dari Kodim 0730 Kepada Masing-masing Perguruan
Pemberian Piagam Penghargaan dari Kodim 0730 kepada masing-masing Perguruan

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Gunungkidul Jarot Budi Santosa memaparkan bahwa pencak silat merupakan cabang olahraga andalan Kabupaten Gunungkidul. Pencak silat memiliki dua dimensi yaitu cinta olahraga dan cinta tanah air Indonesia.

Beliau mengajak kepada seluruh atlet untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan di dalam tubuh IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) khususnya Gunungkidul.

“Mari kita tingkatkan harkat dan martabat warga Gunungkidul melalui olahraga khususnya pencak silat,” papar Jarot.

Acara terakhir diisi dengan pemberian piagam penghargaan dari Kodim 0730 kepada Perguruan Pencak Silat dilanjutkan dengan doa penutup.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.