Lahirkan Pesilat Berprestasi, Persinas ASAD Kabupaten Bantul Sukses Gelar ‘Baja Cup#1’

Persinas ASAD Bantul
Pengkab Persinas ASAD Kabupaten Bantul menggelar kejuaraan pencak silat usia dini dan pra remaja "Baja Cup#1" pada Sabtu-Minggu, 26-27 Desember 2022.

Jogjakeren.com – Perguruan Silat Nasional (Persinas) ASAD Kabupaten Bantul menggelar Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) tingkat pelajar SD (usia dini) dan SMP (Pra Remaja) di Balai Desa Srihardono, Pundong, Bantul, Sabtu-Minggu, 26-27 November 2022.

Kejuaraan Pencak Silat Baja Cup#1 Usia Dini dan Pra Remaja Persinas ASAD diikuti 14 kapanewon se-Kabupaten Bantul. Mengangkat tema “Jaga Sportivitas, Setiap Juara Punya Caranya Masing-masing, tapi Mereka Memilih Dua Jalan yang Sama yaitu Berusaha dan Berdoa”.

Read More

Kejurkab dibuka Wakil Ketua IPSI Kabupaten Bantul Drs. H. Rahmatun, M.Pd. Ia menyampaikan bahwa kejuaraan pencak silat ini adalah bentuk kemajuan dalam bidang olahraga, karena ini akan menjaring bibit-bibit unggul untuk menjadi atlet nasional.

“Menjadi atlet berprestasi tidak bisa instan, tapi melalui perjuangan dan saringan dari berbagi pertandingan seperti ini,” kata H Rahmat.

Ketua Pengkab Persinas ASAD Kabupaten Bantul Darto Winarso, S.Pt. melaporkan, sebanyak 108 peserta mengikuti kejurkab, terdiri dari 56 peserta usia dini dengan 11 kelas kategori tanding dan 1 peserta kategori seni tunggal. Sementara usia pra remaja sebanyak 49 peserta kategori tanding terbagi 11 kelas dan 2 peserta kategori seni.

“Kejurkab dilaksanakan dalam rangka pengkaderan pesilat Persinas ASAD menyongsong kejuaraan IPSI, Kejurprov Persinas ASAD bulan Juni 2023 dan kejurnas bulan Oktober 2023 mendatang,” ujar Darto.

Ia berujar, Baja Cup yang baru pertama kali dilaksanakan ini mampu melahirkan pesilat berprestasi, para pesilat menampilkan kemampuan terbaiknya untuk bersaing dan dapat diandalkan. “Adanya event ini mampu merangsang mereka untuk berlatih, sehingga event ini dibutuhkan untuk meningkatkan daya juang para pesilat,” imbuhnya.

Latihan rutin, kata Darto, telah dilaksanakan di masing-masing kapanewon satu minggu satu kali. Sementara latihan bersama di tingkat kabupaten dilaksanakan satu bulan satu kali yang dipusatkan di Padepokan Persinas ASAD Kapanewon Jetis, diikuti 150 pesilat usia dini hingga remaja.

Persinas ASAD Bantul
Ratusan pesilat Persinas ASAD Kabupaten Bantul mengikuti kejurkab usia dini dan pra remaja.

Usai kejurkab, semua peserta yang meraih juara 1, 2, dan 3 masuk ke dalam program Tim Atlet Berbakat Bantul. “Jangan puas sampai di sini, tetapi senantiasa semangat berlatih untuk meraih prestasi setinggi-tingginya dan kemanfaatan yang besar dan barokah seluas-luasnya,” pesannya.

Sementara itu, Dewan Pembina Persinas ASAD Kabupaten Bantul H. Suhardi mengapresiasi peserta kejurkab, “Dari kalian semua baik yang mendapatkan medali atau yang tidak mendapatkan medali kalian semua adalah pemenang karena telah berpartisipasi untuk mengikuti kejurkab,” katanya.

Senada dengan ketua pengkab, H. Suhardi pun berharap para pesilat Persinas ASAD mendapatkan prestasi yang lebih tinggi hingga tingkat internasional, sehingga mengharumkan bangsa, negara, perguruan dan keluarga.

“Tetap semangat berlatih untuk mendapatkan prestasi yang lebih tinggi, yang semua akan memberikan manfaat untuk kalian. Ini adalah tahap untuk mendapatkan prestasi yang berjenjang,” pungkasnya.

Pada penyerahan juara, tampil sebagai pesilat terbaik usia dini Wildan Nasa Abdillah dari Kapanewon Pandak dan pesilat terbaik usia pra remaja diraih Achmad Winner Alachyar dari Kapanewon Banguntapan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *