Menjadi Orang Tua Bijak di Era Digital

Era Digital
Ilustrasi (Foto: alodokter)

Jogjakeren.com – Tantangan orang tua dalam mendidik anak saat ini tidak hanya di dunia nyata saja namun juga di dunia maya. Dunia nyata dan dunia maya sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak.

Penggunaan yang bijak, adanya pengawasan, serta arahan yang tegas tentu akan memberikan sisi positif bagi teknologi yang digunakan anak-anak. Namun, kerap kali orang tua merasa kesulitan dalam mengikuti era baru, yakni era digital.

Read More

Sedangkan apabila orang tua tidak memiliki pengetahuan di era digital, bisa saja anak lepas dari pengendalian orang tua. Oleh sebab itu, mau tidak mau orang tua harus terus belajar untuk dapat beradaptasi juga dengan era digital tersebut.

Tantangan ini menjadi diskusi menarik, bagaimana cara menjadi orang tua di era digital. “Kita tidak bisa menghindari perkembangan zaman terutama gadget, kita juga tidak bisa menjauhkan anak dari gadget karena cepat atau lambat anak akan menggunakannya sebagai media belajar di sekolah,” jawab Psikolog Novelyna Yusraningdyah, S.Psi. di hadapan warga LDII pada “Sarasehan BK, Komunikasi yang Baik Menjadikan Keluarga Bahagia”, Senin (13/6/2022).

“Kita bisa memberikan arahan dan batasan pada anak kapan waktunya bermain gadget dengan cara berikan banyak kualitas dan kuantitas berbincang atau mengobrol saat quality time kumpul bersama. Selalu memberikan nasehat untuk menggunakan gadget dengan baik dan benar,” tambah Psikolog dr. Tika Prasetiawati, Sp. Kj. yang turut hadir sebagai pemateri.

Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Sementara itu di era yang serba digital ini, anak banyak yang sudah mengerti cara mengoperasikan gadget. Bermain game adalah hal yang menarik bagi anak-anak, namun jika sudah kecanduan itulah yang tidak baik.

Menanggapi hal tersebut dr. Tika dan Novelyna memiliki pendapat yang sama, apabila anak mulai ketagihan atau adiksi terhadap game dan perilaku mereka mulai berubah, cepat marah jika gadgetnya diambil, menangis, memukul, bahkan sampai kegiatan sosialnya terganggu maka bisa diperiksakan ke ahli karena bisa jadi otaknya terganggu.

Namun apabila masih belum terlalu kecanduan, bisa diberi nasehat jika bermain game jangan sampai mengganggu ibadah dan aktivitasnya. Sebagai orang tua harus memiliki kesepakatan jam bermain gadget dengan anak. Jika sudah kecanduan tapi ingin berubah dengan tekad yang kuat untuk melepaskan kecanduannya terhadap game, maka peran orang tua sangat penting untuk memberikan support sistem pada anak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.