4 Kuliner Khas Gunungkidul yang Dijamin Bikin Kangen

Kuliner Khas Gunungkidul : Jangan Lombok (IG pict : guniezzt)
Kuliner Khas Gunungkidul : Jangan Lombok (IG pict : guniezzt)

Jogjakeren.com – Siapa yang tak kenal dengan Gunungkidul? Ya, sebuah Kabupaten di Yogyakarta yang begitu populer dengan berbagai wisata alamnya. Selain dengan wisata alamnya, Gunungkidul juga memiliki aneka kuliner khas yang begitu nikmat untuk disantap.

Tak hanya itu, makanan-makanan khas Gunungkidul ini juga dijamin akan bikin kangen ketika telah bertolak dari Kota Gaplek ini. Mulai dari makanan berat hingga camilan khas Gunungkidul, siap memanjakan lidah para wisatawan yang datang.

4 Kuliner Khas Gunungkidul yang Bikin Nagih

Berikut ini beberapa makanan khas Gunungkidul yang cukup populer dan bikin kangen:

Kuliner Khas Gunungkidul : Jangan Lombok

Kuliner Khas Gunungkidul : Jangan Lombok (IG pict : guniezzt)
Kuliner Khas Gunungkidul : Jangan Lombok (IG pict : guniezzt)

Salah satu santapan yang cukup populer adalah jangan lombok. Jangan merupakan sebutan dari warga Gunungkidul terhadap olahan hidangan yang berkuah.

Jangan lombok, merupakan olahan masakan bersantan dengan bahan-bahan berupa tahu atau tempe yang dipotong kotak tipis. Masakan kuah bersantan tersebut juga ditambahkan dengan lombok atau cabai hijau yang dipotong-potong memanjang.

Jangan lombok ini pun sangat cocok disantap dengan lauk-pauk lain seperti tempe goreng, tahu goreng, pindang, serta ayam goreng. Tak jarang, Jangan lombok juga dipadukan dengan lalapan berupa sayuran hijau yang direbus, di Gunungkidul disebut ‘kulupan’.

Kuliner Khas Gunungkidul: Nasi Thiwul Pecel

Nasi Thiwul dan Pecel
Nasi Thiwul dan Pecel (IG pict : dkonyils)

Nasi thiwul juga merupakan salah satu makanan khas di Gunungkidul. Sebagaimana namanya, thiwul ini dijadikan sebagai sumber karbohidrat sebagaimana nasi beras.

Adapun untuk thiwul ini berasal dari tepung gaplek atau tepung singkong yang dikeringkan. Selanjutnya tepung gaplek ini akan diolah dan dibentuk menjadi butiran-butiran kecil untuk selanjutnya dikukus.

Bagi sesepuh Gunungkidul, tentu nasi thiwul ini akan menjadi kenangan tersendiri di mana saat ini beras sudah tersedia begitu melimpah. Nasi thiwul pun perlahan juga sudah mulai jarang diolah di dapur-dapur masyarakat Gunungkidul.

Nasi thiwul ini sangat cocok dipadukan dengan pecel atau rebusan sayur-mayur yang dibumbui dengan sambal kacang. Makan juga akan lebih nikmat dilengkapi dengan sambal bawang, kerupuk, serta lauk-pauk lainnya. Hmm menggiurkan ya

Kuliner Khas Gunungkidul: Tempe Benguk dan Tempe Mlanding

Tempe Benguk dan Tempe Mlanding (IG pict : dwisorayakitchen)
Tempe Benguk dan Tempe Mlanding (IG pict : dwisorayakitchen)

Kuliner khas lain yang tak kalah memikat adalah tempe benguk dan tempe mlanding. Pada dasarnya, kedua jenis tempe ini sama dengan tempe kedelai umumnya. Hanya saja, bahan dasar yang digunakan yang membedakannya, yakni koro benguk dan juga biji mlanding.

Gunungkidul terkenal dengan kawasan yang tandus, sehingga untuk pertanian kedelai yang membutuhkan suplai air yang cukup banyak pun akan kesulitan. Namun alam ternyata juga menyediakan alternatif lain.

Bahan pangan berprotein yang dapat dijadikan tempe pun juga tersedia dan cukup melimpah, yakni koro benguk dan biji mlanding tadi. Masyarakat Gunungkidul pun mengolah bahan pangan yang tersedia di lingkungannya.

Hal ini patut diapresiasi dan terus dilestarikan. Yakni perlunya mengembangkan bahan pangan lain, sehingga tidak terpaku pada bahan-bahan tertentu saja, sehingga kebutuhan pangan masyarakat pun dapat terpenuhi.

Kembali lagi ke tempe benguk dan tempe mlanding. Olahan tempe ini juga cukup variatif, yakni dapat diolah menjadi tempe goreng, serta diolah menjadi tempe bacem atau tempe kecap. Santapan ini sangat cocok untuk lauk-pauk maupun teman menyeruput teh hangat dipagi hari bersama dengan keluarga tercinta.

Kuliner Khas Gunungkidul : Bakmi Jawa

Wisata Kuliner Khas Gunungkidul Bakmi Jawa (IG pict : zuliner)
Bakmi Jawa (IG pict : zuliner)

Kuliner khas lainnya adalah Bakmi Jawa. Hidangan berkuah ini cukup populer dan banyak disukai oleh wisatawan yang datang di kawasan Gunungkidul.

Bakmi Jawa terdiri dari dua varian, yakni bakmi goreng dan bakmi godhog atau rebus. Keduanya memiliki rasa yang khas dan siap menghangatkan perjalanan Anda.

Hampir di setiap sudut Kabupaten Gunungkidul ini juga telah tersedia pedagang bakmi Jawa, sehingga para wisatawan akan sangat mudah menemukan kuliner khas ini.

Bahan-bahan yang digunakan di hidangan ini adalah bakmi atau mi jagung, telur, kubis, dan ayam suwir. Baik bakmi godhog maupun bakmi goreng, keduanya pasti akan memanjakan lidah penyantapnya.

Beberapa kuliner khas Gunungkidul tersebut bisa Anda masukkan ke dalam list Anda ketika berkunjung ke Gunungkidul. Bersama dengan romobongan dan keluarga tercinta, momen menikmati kuliner khas ini tentu akan sangat berkesan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.