8 Warung Nasi Pecel di Jogja yang Recommended

Nasi Pecel Jogja
Salah satu contoh nasi pecel (Foto: ist)

Jogjakeren.com – Jogja identik dengan Kota Wisata, karena hampir di setiap sudut tempat terdapat tempat wisata yang banyak orang mengunjunginya. Membahas tentang wisata tidak terlepas dari kuliner. Selain gudeg yang merupakan kuliner khas Jogja, pecel merupakan salah satu hidangan khas yang layak dinikmati.

Dalam hidangan pecel, nasi diberi topping dengan aneka sayuran rebus yang kemudian disiram dengan sambal kacang yang khas. Hidangan sederhana ini sering menjadi pilihan populer untuk sarapan atau makan siang.

Berikut ini ada delapan tempat makan nasi pecel di Jogja yang recommended bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogja atau masyarakat umum yang ingin mencari makanan sehat dan lezat.

  1. Warung SGPC Bu Wiryo 1959

Terkenal sejak tahun 1950-an, warung pecel di Jogja ini sangatlah legendaris. Warung pecel ini menawarkan hidangan pecel dengan variasi sup. Lokasinya di daerah UGM, membuatnya menjadi pilihan favorit para mahasiswa dan wisatawan. Jika sedang berkunjung area UGM, kalian bisa mencoba nasi pecel SGPC.

Tempat makan ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Berlokasi di Jalan Agro CT VIII Klebengan, Selokan Mataram, Warung SGPC ini buka dari jam 07.00-20.00 WIB. Keunikan dari nasi pecel ini adalah sambal kacangnya lebih encer dari tempat nasi pecel lainnya. Harga nasi pecel berkisar Rp20.000. Warung SGPC ini juga menyajikan beragam sup.

  1. Pecel Pincuk Gumilang

Seporsi Pecel Pincuk Gumilang terdiri dari nasi, tauge, daun pepaya, daun singkong, mentimun dan siraman sambal kacang. Traveler juga bisa memilih beragam lauk sesuai dengan selera. Mulai dari empal, tahu, tempe bacem, telur ceplok atau daging ayam. Pecel Pincuk Gumilang berlokasi di Jalan Laksda Adisucipto, telah menjadi tempat sarapan pagi yang legendaris di Jogja.

Tempat ini dapat menjadi pilihan wisata kuliner Anda atau tempat makan bersama teman dan keluarga. Hidangan ditawarkan dengan harga terjangkau dengan rasa terbaik.

  1. Pecel Wader Pak Bejo

Terkenal dengan lauk wader yang gurih, warung ini menawarkan nasi pecel dengan campuran ikan wader goreng dan sambal bawang atau sambal terasi. Lokasinya ada di Jalan Wiroyo, Mantup, Baturetno, Banguntapan, Bantul, dengan operasional dimulai dari jam 06.30-16.00 WIB kecuali hari Jumat.

Sebenarnya saat awal mulai berjualan Pak Bejo hanya menjual es campur saja, lalu ditambahi soto, kupat tahu, dan pecel wader. Harga  seporsi nasi pecel di sini Rp15.000an dan untuk es campur seharga Rp6.000an.

  1. Pecel Bu Ramelan

Beroperasi sejak 1983, warung Pecel Bu Ramelan menyediakan pecel yang enak dengan bumbu super legit. Selain pecel, ada aneka lauk tambahan seperti gorengan, tempe, tahu, bakwan, dan peyek. Terletak di Jalan Laksda Adisucipto KM. 6 Nomor 2 atau timur Hotel Ambarukmo, buka dari jam 08.00 WIB.

Keunikan dari nasi pecel ini terletak pada sambal kacangnya. Jika sambal Yogyakarta biasanya identik dengan rasa manis, Pecel Bu Ramelan cenderung lebih asin dan gurih. Kamu hanya perlu menyiapkan uang Rp6.000an untuk seporsi nasi pecel belum termasuk lauk pendamping.

  1. Pecel Senggol Beringharjo

Saat jalan pagi di kawasan Malioboro kamu bisa sarapan Pecel Senggol Beringharjo. Lokasinya persis di depan Pasar Beringharjo. Warung makan ini buka dari pukul 06.00 WIB. Nasi pecel sayurnya terdiri dari bunga pepaya, daun kenikir, kecambah, dan masih banyak lagi. Disiram dengan sambal kacang yang manis dan gurih dengan lauk seperti ragam sate dan baceman. Seporsi Pecel Senggol sendiri dihargai Rp10.000.

  1. Nasi Pecel Yu Sri

Nasi Pecel Yu Sri berpusat di Semarang, tetapi sejak 2004 membuka cabang di Yogyakarta. Warung nasi pecel ini beralamat di Jalan Palagan Tentara Pelajar KM 9 no 8, Kamdanen, Sariharjo, Ngaglik, Sleman dari jam 08.00-21.00 WIB.

Nasi pecel di sini didampingi dengan kerupuk dari nasi, kerupuk karang. Selain itu juga bisa menrediakan ayam goreng kremes untuk menemani makan nasi pecel. Seporsi nasi pecel dihargai Rp8.000.

  1. Pecel Ayu Sakti Timoho

Warung nasi pecel ini sudah berdiri sejak tahun 1997 di Jalan Timoho, Baciro, Gondokusuman. Menyajikan pecel dengan harga terjangkau, warung ini menjadi favorit bagi mahasiswa karena harganya murah meriah.

  1. Nasi Pecel Madiun Bu Is

Bagi yang suka nasi pecel ala Madiun, bisa mengunjungi Nasi Pecel Madiun Bu Is yang memiliki bumbu kacang super enak. Bumbu disiram di atas sayur bayam, daun kenikir, tauge, dan kacang panjang. Lokasinya ada di Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

 

Demikian ini beberapa warung nasi pecel yang ada di Jogja. Bisa dipilih sesuai dengan rute perjalanan saat berwisata. Atau sesuai dengan selera masing-masing.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *