Beberapa Jenis Olahan Daging Sapi dan Kambing Saat Idul Adha

Daging kurban siap dibagikan ke warga masyarakat

Jogjakeren.com – Setiap rumah tangga pada Hari Raya Idul Adha hanpir bisa dipastikan mereka memiliki daging sapi dan atau daging kambing di rumahnya. Namun tidak sedikit yang bingung, akan diolah apa daging tersebut. Padahal banyak jenis olahan masakan yang bisa dibuat dari bahan yang sangat bergizi ini.

Sudah menjadi kebiasaan di masyarakat, setelah umat Islam menjalankan shalat Idul Adha, mereka menyembelih hewan kurban yang kemudian dagingnya dibagiken kepada warga sekitar tempat penyembelihan. Dari daging tersebut, dapat diolah menjadi hidangan lezat untuk anggota keluarga maupun tamu yang datang. Berikut ini ada beberapa jenis olahan masakan dengan bahan utama daging sapi dan atau kambing.

  1. Sate

Baik daging sapi maupun kambing, semuanya bisa dimasak sate. Meskipun sebagian masyarakat menganggap bahwa apabila ada istilah sate itu, ya daging kambing. Sate kambing memiliki banyak varian dan dapat diolah menjadi hidangan yang berbeda-beda.

Bacaan Lainnya

Banyak macam menu olahan dari sate ini, misalnya sate kambing bumbu kecap, sate kambing Madura bumbu kacang, sate klatak dan masih banyak lagi. Beberapa bahan yang perlu disiapkan selain daging, yakni kecap manis, air asam jawa, bawang putih, bawang merah, garam dan merica bubuk sesuai kebutuhan.

  1. Tongseng

Menu tongseng merupakan masakan tradisional Indonesia yang berbahan dasar daging kambing atau sapi yang dimasak dengan kuah kental dan kaya akan rempah. Kuah hidangan ini biasanya berwarna cokelat kemerahan yang memiliki rasa gurih serta sedikit manis karena menggunakan kecap sebagai salah satu bahan dasarnya.

Biasanya dilengkapi dengan potongan kol, tomat, dan daun bawang. Salah satu ciri khas hidangan ini adalah penggunaan santan dalam kuahnya, yang memberikan tekstur kental dan rasa yang lebih lezat.

  1. Gulai

Sama seperti sate dan tongseng, daging sapi maupun kambing bisa dimasak gulai. Sebenarnya gulai merupakan masakan Sumatera yang menggunakan daging ayam, ikan, kambing, sapi, jeroan, atau sayuran seperti nangka muda dan daun singkong, dimasak dalam kuah bumbu rempah gurih.

Ciri khasnya adalah bumbu kaya rempah seperti kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai merah, bawang, adas, pala, serai, kayu manis, dan jintan, dimasak dalam santan, memberikan warna kuning dari kunyit.

  1. Rawon daging sapi

Melansir dari laman kemenparekraf, rawon merupakan hidangan khas Jawa Timur yang konon sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit, seperti disebutkan dalam Prasasti Taji (901 M). Rawon dimasak lambat dengan rempah khas, menghasilkan daging yang sangat lembut dan kaldu yang meresap sempurna. Keluak, yang memberikan warna hitam pekat dan rasa khas, adalah elemen penting dalam olahan ini.

Hidangan ini terdiri dari potongan daging sapi, tauge, bawang goreng, kerupuk udang, telur asin, dan kuah hitam pekat yang menciptakan harmoni cita rasa.

 

Demikian ini beberapa jenis olahan daging sapi dan kambing yang dapat dicoba saat Idul Adha maupun waktu-waktu lainnya. Selamat Hari Raya Idul Adha 1445H.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *