Sejarah Tersembunyi dari Candi Banyunibo

Candi banyunibo

Jogjakeren.comCandi banyunibo menjadi salah satu bangunan yang tergolong sebagai cagar budaya di Jogja. Banyunibo merupakan sebuah candi yang difungsikan sebagai tempat beribadah umat Buddha. Banyunibo juga dibangun pada zaman Kerajaan Mataram kuno.

Candi Banyunibo ditemukan pada tahun 1940. Banyunibo ditemukan dalam kondisi roboh sebagian. Pada tahun 1940 juga dilakukan penelitian terhadap candi tersebut. 

Lokasi Banyunibo

Bacaan Lainnya

Lokasi Candi ini berada di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Jarak 5,6 km dari Candi Prambanan. Banyunibo letaknya tidak jauh dari Tebing Breksi. Sehingga jika kamu berkunjung ke Tebing Breksi, kamu bisa mampir dan bersinggah di Candi banyunibo. 

Baca Juga : Menikmati Keindahan Kota Yogyakarta dari atas Tebing Breksi

Struktur Arsitektur Candi Banyunibo

Pada bagian atas candi terdapat stupa sebagai ciri khas dari agama Buddha. Candi ini dulunya digunakan sebagai tempat beribadah dan juga digunakan sebagai tempat pentas seni dari para raja- raja. 

Hiasan candi terletak pada kaki- kaki candi. Pahatan berbentuk tanaman yang keluar dari pot bunga dan tanah memenuhi area kaki candi. Candi tersebut juga memiliki 6 Candi Perwara atau Candi Pendamping dengan ukuran yang lebih kecil. 

Candi utama menghadap ke arah barat, sedangkan Candi Perwara berada di sekitar utara dan selatan candi utama. Sayangnya, Candi Perwara dibangun dengan batu- batu putih yang mana mudah aus dan rusak. Sehingga Candi Perwara tidak bisa dibangun kembali seperti candi utama. 

Candi banyunibo

Baca Juga : Istana Air tengah Kota Yogyakarta, Taman Sari

Fungsi dari Candi Banyunibo

Banyunibo tidak hanya digunakan sebagai tempat beribadah sebagai fungsi utamanya, adapun fungsi lainnya Banyunibo juga digunakan sebagai tempat pertunjukan budaya seperti tarian, wayang, dan sebagainya untuk hiburan para raja. Adapun yang dapat menari di sana hanyalah orang- orang tertentu. 

Hingga saat ini, Banyunibo hanya dapat digunakan untuk selfie untuk keperluan pribadi, adapun untuk keperluan lainnya harus memiliki izin khusus. Selain itu, Banyunibo juga masih digunakan sebagai tempat pertunjukan seni tari. Adapun yang dapat menari disana hanyalah orang- orang tertentu. 

Bagaimana, apakah kamu ada gambaran untuk bermain ke Banyunibo? Apakah kamu memiliki jadwal untuk berkunjung ke Tebing Breksi? Tidak ada salahnya kamu berkunjung ke candi satu ini. Selamat berlibur.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *