Cara Memasak Daging Sapi Agar Empuk dan Lezat

  • Whatsapp
Cara Memasak Daging Sapi
Cara Memasak Daging Sapi Agar Empuk dan Lezat

jogjakeren.com – Cara memasak daging sapi agar empuk dan lezat tentunya banyak dicari banyak orang, khususnya pada situasi pasca Hari Raya Idul Adha. Dalam situasi seperti ini, tentu akan banyak orang yang mendapatkan daging, baik berupa daging sapi maupun daging kambing.

Sebab, mayoritas masyarakat di Indonesia sendiri adalah umat Islam, sehingga tentu akan sangat banyak masyarakat yang mendapatkan daging. Situasi ini juga menjadi situasi yang favorit bagi umat Islam untuk mengadakan masak-masak bersama keluarga.

Mengolah daging sapi memerlukan teknik yang tepat dan benar, sehingga hasil olahan daging sapi akan terasa empuk dan lezat untuk disantap. Dalam berbagai olahan, apabila teknik pengolahan daging tepat, maka daging akan sangat lezat.

Cara Memasak Daging Sapi
Cara Memasak Daging Sapi Agar Empuk dan Lezat

Cara Memasak Daging Sapi untuk Berbagai Olahan yang Lezat

Terdapat beberapa teknik tertentu agar daging sapi memiliki tekstur yang empuk dan lembut. Untuk bisa menghasilkan olahan daging sapi yang empuk dan tasty, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

Teknik Memotong Daging yang Benar

Pemotongan daging pada saat pengolahan untuk dimasak ternyata juga mampu mempengaruhi tekstur daging setelah dimasak. Agar daging bisa matang merata, kemudian tekstur daging menjadi empuk dan lembut, pemotongan daging harus dilakukan dengan cara membujur dengan serat daging.

Maka penting untuk mengetahui bagaimana arah serat, sehingga ketika pemotongan bisa dilakukan dengan benar. Hal ini dapat mempengaruhi faktor kematangan daging, serta peresapan bumbu ke dalam daging.

Menggunakan Daun Pepaya

Hal ini dapat dijelaskan melalui penelitian Lismawati, dkk. terkait dengan daya pengempukan ekstrak daun pepaya dan ekstrak buah nanas terhadap daging paha ayam. Dalam penelitiannya, diketahui bahwa daun pepaya mengandung enzim tertentu yang dapat memecahkan protein.

Sementara itu, daging sendiri merupakan makanan yang mengandung protein tinggi. Dengan menggunakan daun pepaya, maka daging dapat diolah menjadi lebih empuk dan lembut.

Caranya cukup mudah, yakni dengan membungkus daging yang telah dipotong-potong dengan daun pepaya yang telah diremas. Peremasan daun pepaya bertujuan agar getah dapat keluar dari daun, sehingga mampu menyelimuti daging sapi yang akan diolah.

Setelah 15 – 30 menit, maka daging sapi siap diolah menjadi berbagai olahan. Daging yang dibalut daun pepaya ini tidak perlu dicuci lagi, dan bisa langsung diolah.

Menjaga Kebersihan dan Kesehatan

Selain teknik mengolah daging sapi agar empuk dan lezat, dalam memasak tentu juga perlu diperhatikan kebersihan dan faktor kesehatan lain. Dalam memasak, berbagai hal seperti peralatan dan tempat memasak harus dijaga kebersihannya, agar tidak terkontaminasi oleh bakteri maupun mikroorgranisme patogen lainnya.

Adapun faktor kesehatan lain yang perlu diperhatikan misalnya teknik memasak yang sehat, pembatasan penggunaan bahan aditif (penguat rasa, pengawet, dan pewarna sintetis). Dengan demikian, masakan tidak hanya terasa lezat, melainkan juga menyehatkan bagi tubuh.

Dua cara memasak daging sapi agar empuk dan lezat tersebut menjadi pilihan yang banyak dilakukan. Selain mudah, cara ini telah terbukti mampu meningkatkan daya keempukan dan kelezatan daging sapi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *