Rekomendasi Menu Daging Sapi Khas Berbagai Negara di Dunia

  • Whatsapp
menu daging sapi
Sumber : wellnessmama.com

jogjakeren.com – Momen Hari Raya Idul Adha memiliki dampak positif di berbagai bidang kehidupan. Mulai dari berbagi daging dengan masyarakat yang membutuhkan, hingga suka cita menikmati berbagai macam olahan daging sapi dan/atau kambing yang didapatkan. Berkaitan dengan kreasi olahan daging sapi ini, apakah Anda sudah memiliki rencana untuk membuat menu tertentu? Karena bagi beberapa orang, daging sapi ini merupakan menu spesial yang tidak setiap hari dikonsumsi. Sehingga rencana mengkreasikan bahan ini menjadi lebih menantang. Jika Anda ingin mencoba menu yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tidak ada salahnya mencoba mengkreasikan bahan ini. Berikut beberapa menu daging sapi terkenal dari berbagai negara di dunia yang direkomendasikan untuk dicoba.

Yakiniku, Jepang

Yakiniku Ala Jepang
Sumber : selerasa.com

Yakiniku adalah menu daging sapi khas negara Jepang yang hampir sama dengan daging barbeque atau daging panggang. Bedanya, Yakiniku memiliki bentuk daging yang diiris tipis dengan bumbu marinasi yang sederhana. Bumbu tersebut adalah kecap asin Jepang, minyak wijen, bawang putih, gula pasir, dan mirin (saus manis khas Jepang). Jika Anda tidak memiliki alat panggang, Yakiniku juga dapat disajikan dengan cara menumisnya setelah dimarinasi lalu ditambah dengan bawang bombay. Mudah, bukan? Yuk, coba menu ini.

Shawarma atau Kebab, Timur Tengah

Kebab Daging Sapi
Sumber : Selerasa.com

Apakah Anda ingin makan kebab tapi enggan membeli di luar? Saatnya Anda mencoba sendiri menu ini. Shawarma sendiri mirip dengan kebab, bedanya kebab menggunakan daging sapi sedangkan shawarma menggunakan daging kambing. Cara membuatnya mudah sekali, terlebih lagi jika Anda sudah membeli tortilla (semacam kulit lumpia yang tebal dan lebih padat) siap pakai serta menyiapkan berbagai sayuran seperti selada, tomat, bawang bombai, saus dan/atau mayonaise. Bumbu untuk marinasi dagingnya cukup sederhana, yaitu bawang putih, jahe, ketumbar, jahe, garam, lada, dan yoghurt. Kemudian, panggang daging berbumbu lalu sajikan dengan sayuran dan saus didalam tortilla.

Nalli Nihari, India

Nalli Nihari
Sumber : youtube.com

Nalli Nihari merupakan menu yang mudah dibuat namun membutuhkan waktu masak yang cukup lama. Perpaduan berbagai macam rempahnya yang kompleks akan membuat Anda tidak bisan ketika menyantapnya. Disebut memiliki cara masak yang unik karena daging yang telah ditumis dengan bumbu dasar (garam, cabai bubuk, kunyit bubuk, ketumbar, dan jahe), masih harus direbus bersama bumbu halus lain yang telah dimasukkan dalam kain yang diikat. Bumbu halus yang dimaksud terdiri dari berbagai macam rempah seperti sengkeh, pala bubuk, jinten, dan masih banyak lagi. Proses perebusan inilah yang butuh banyak waktu, yaitu selama kurang lebih 6 jam diatas api kecil. Penasaran dengan rasanya bukan? Yuk mulai masak!

Bulgogi, Korea

Menu terakhir yang saat ini banyak digandrungi adalah Bulgogi (gambar pertama), olahan daging sapi khas Korea. Tidak hanya tampilannya yang menggiurkan, daging panggang ini juga mudah sekali dibuat. Pertama, Anda harus me-marinasi daging yang telah diiris tipis dengan bumbu sederhana, yaitu minyak wijen, bawang putih yang dihaluskan, kecap manis, kecap asin, saus tiram, kecap inggris, gula aren, dan lada bubuk. Kedua, panggang daging hingga sedikit kering dan nikmati bersama selada. Bisa juga dinikmati dengan ditambah saus khas korea (gochujang) jika perlu.

Baca Juga : Sate Kanak, Sate Juara “Ngulik Rasa” Kalahkan Ribuan Peserta Seluruh Indonesia

Bagaimana? Banyak menu olahan daging sapi atau kambing yang menarik bukan? Jika Anda takut gagal, Anda dapat mencobanya dengan porsi kecil dengan bumbu dan takaran yang disesuaikan. Jangan takut rasanya tidak akan cocok dengan selera Anda karena beberapa menu di atas memiliki bahan-bahan yang hampir sama dengan di Indonesia. Sedangkan untuk teknik yang dapat Anda coba agar daging lebih empuk, bisa dengan berbagai cara. Mulai dari memotong daging berlawanan arah dengan seratnya, memukul daging, merebus dengan panci presto, merendam daging dengan teh atau jahe, hingga membungkusnya dengan daun pepaya. Jangan kuatir lagi mengolah daging dengan berbagai menu unik dan menarik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *