Cara Mengatasi Masuk Angin, Obatnya Ada di Rumah 

Cara mengatasi masuk angin
Source : Gustavo Fring Form Pexels

Jogjakeren.com – Cara Mengatasi Masuk Angin – Masuk angin menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh warga Indonesia. Masuk angin biasanya terjadi akibat seseorang terlalu lama di perjalanan, kehujanan, dan berbagai aktivitas luar ruangan lainnya. 

Sebenarnya, di dalam ilmu kedokteran, nama penyakit ini tidak ada. Bahkan masuk angin bisa di artikan dengan kumpulan gejala dari suatu penyakit. Orang yang terkena masuk angin biasanya ditandai dengan perut kembung, sering bersendawa, batuk, pilek, demam, mual, dan bisa saja menggigil. 

Banyak orang Indonesia yang merujuk ke masuk angin apabila mengalami gangguan yang sudah disebutkan. Salah satu cara orang Indonesia mengatasi masuk angin di antaranya minum ramuan herbal di toko-toko, kerokan, ada juga yang hanya membutuhkan teh panas. 

Namun, ada loh cara mengatasi masuk angin yang dijamin ampuh dan sudah terbukti benar-benar bisa menyembuhkan, kira-kira apa saja ya? Yuk simak artikel ini sampai selesai.

1. Memperbanyak Istirahat

Jika kamu mengalami masuk angin, kamu cukup melakukan istirahat yang cukup dan menenangkan diri dari segala aktivitas. Bila perlu, kamu tidur lebih panjang atau lebih dari 8 jam di malam hari. 

Hal yang paling penting adalah, menjaga suhu ruangan kamar agar sedikit hangat dan lembab. Biasanya, jika suhu ruangan dingin, orang yang sedang masuk angin tidak akan bisa tidur dengan nyaman.

Cara mengatasi masuk angin
Source : Gustavo Fring Form Pexels

2. Memperbanyak Minum Air Putih

Cara mengatasi masuk angin yang kedua adalah dengan memperbanyak mengonsumsi air putih. Meskipun tubuh terasa sangat berat dan tidak nyaman untuk beraktivitas, tubuh kamu tetap buuh asupan air yang cukup banyak. 

Kamu juga harus menghindari minuman bersoda dan berkafein seperti teh, dan kopi. Karena minuman tersebut bisa menyebabkan dehidrasi.

Jika kamu butuh minuman yang hangat dan memiliki rasa, kamu bisa menyeduh air lemon hangat, kuah sup ayam, dan jus buah.

Baca Juga : Terdengar sepele, diare bisa saja tergolong penyakit berbahaya 

3. Minum Seduhan Rempah-rempah, Madu, dan Lemon

Meminum seduhan rempah seperti jahe, pala, atau kayu manis dapat melegakan pernafasan dan tenggorokan. Saat masuk angin, pasti kamu merasakan hidung mampet atau tersumbat. Sehingga, kamu butuh melegakan tenggorokan dan hidung mu dengan minuman berempah. Minuman ini akan terasa lebih nikmat jika kamu menyeduh dengan madu dan perasan lemon. 

Madu juga memiliki sifat antibakteri, sehingga ujung tenggorokan akan terasa lebih plong dan nyaman. 

Itulah beberapa cara untuk mengatasi masuk angin yang bisa kamu lakukan. Sangat mudah bukan? Apalagi di musim hujan seperti ini, kamu butuh hal-hal seperti diatas. Jadi, nomor berapa yang akan kamu coba? Tulis di kolom komentar yah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *