Cara Sehat Mengolah Telur Sebagai Sumber Protein

Cara Sehat Mengolah Telur sebagai Sumber Protein
Cara Sehat Mengolah Telur sebagai Sumber Protein (pexels.com)

Jogjakeren.com – Telur merupakan salah satu bahan makanan yang umum digunakan sebagai lauk utama maupun bahan campuran dalam pembuatan makanan tertentu. Cara sehat mengolah telur sebagai sumber protein sangat perlu dipahami oleh masyarakat.

Sebab, meskipun kandungan protein dalam telur tergolong tinggi. Namun jika dalam proses pengolahannya tidak dilakukan dengan cara yang tepat, maka protein yang terkandung tidak dapat tercerna dengan baik atau bahkan dapat mengalami kerusakan.

5 Cara Mengolah Telur Agar Sehat dan Mudah Diserap oleh Tubuh

Dilansir dari Healthline, sebagai salah satu sumber protein, telur relatif mengandung sedikit kalori. Selain itu, telur juga mengandung beberapa paket nutrisi, yaitu protein, vitamin, mineral, lemak sehat, serta sejumlah nutrisi lain yang bermanfaat.

Maka dari itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa cara sehat untuk mengolah telur, agar dapat dijadikan sebagai sumber protein yang optimal. Berikut terdapat beberapa cara terbaik untuk mengolah telur dengan sehat dan mudah diserap oleh tubuh:

Menggoreng Telur

Cara Sehat Mengolah Telur dengan Menggoreng
Cara Sehat Mengolah Telur dengan Menggoreng (pexels.com)

Mengolah telur dengan cara menggorengnya, merupakan salah satu cara yang paling umum dilakukan. Penggorengan telur bisa dilakukan dengan memecahkan cangkang telur dan menuangkannya di atas wajan dengan api kecil sampai sedang.

Wajan yang telah cukup panas bisa ditambahkan margarin atau sedikit minyak. Selanjutnya Anda bisa menggoreng telur dengan salah satu sisinya saja atau di kedua sisi, tergantung pada selera Anda masing-masing.

Merebus Telur

Perebusan telur dapat dilakukan dengan merebus telur yang masih utuh (bercangkang) dengan air mendidih.

Anda bisa merebus telur selama 6-10 menit, tergantung pada kematangan kuning telur sesuai selera Anda. Semakin lama perebusan, maka kuning telur akan semakin padat.

Membuat Omelet

Mengolah Telur dengan Membuat Omelete
Mengolah Telur dengan Membuat Omelete (pexels.com)

Omelet juga menjadi salah satu cara mengolah telur yang paling banyak dilakukan. Untuk membuat omelet, telur bisa dipecah dan dituangkan di sebuah mangkok dan diaduk hingga kuning dan putih telur tercampur merata.

Selanjutnya telur yang telah diaduk sempurna bisa ditambahkan bumbu sesuai selera dan digoreng dengan api kecil pada wajan yang telah ditambahkan margarin atau sedikit minyak.

Orak-Arik Telur

Mengolah telur juga dapat dilakukan dengan cara membuatnya menjadi orak-arik telur. Orak-arik telur sederhana bisa dibuat dengan menuangkan telur pada wajan yang telah ditambahkan margarin atau sedikit minyak di atas api kecil.

Setelah dimasukkan ke dalam wajan, telur terus diaduk hingga menjadi padatan-padatan kecil. Untuk cita rasa, Anda bisa menambahkan bumbu berupa garam dan lada sesuai selera.

Mengolah Telur dengan Microwave

Microwave dapat digunakan untuk mengolah telur dengan berbagai cara. Namun demikian, untuk pengolahan telur dengan microwave sebaiknya dilakukan dengan memecah telur dan menuangkannya ke dalam suatu wadah.

Sebab, jika telur masih utuh atau tidak dipecah, tekanan dalam telur dapat meningkat dan menyebabkan telur meledak.

Beberapa cara di atas dapat dilakukan untuk mengolah telur dengan sehat dan bergizi. Memasak telur akan menjadikan telur semakin aman untuk dikonsumsi. Selain itu, memasak telur juga akan menjadikan nutrisi dalam telur mudah dicerna oleh tubuh.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.