Demam pada Si Kecil: Penyebab, Gejala, Penanganan Awal Demam di Rumah

Penanganan Demam
ilustrasi ganbar demam pada si kecil. Cr:akasiamiror

Jogjakeren.com – Demam tinggi pada si kecil seringkali membuat orang tua panik dan khawatir. Namun, demam ini tidak selalu bahaya untuk si kecil dan ada juga yang dapat mereda dengan sendirinya. Demam pada si kecil sebenarnya merupakan reaksi tubuh si kecil saat melakukan perlawanan terhadap penyakit atau infeksi pada tubuhnya. Dikatakan demam apabila si kecil mengalami peningkatan suhu tubuh mencapai 38 derajat celcius atau lebih.

Penyebab Demam si Kecil

Sebagian besar orang tua mengetahui bahwa demam pada si kecil disebabkan adanya infeksi atau penyakit tertentu. Padahal, ada beberapa kemungkinan penyebab terjadinya demam pada si kecil di antaranya:

– Infeksi virus atau bakteri

– Inflamasi atau peradangan

– Pasca imunisasi

– Efek samping dari obat tertentu

– Aktivitas fisik berlebih

– Lama berada di lingkungan terlalu panas

– Kelelahan

– Kurang minum

Gejala Demam si Kecil

Demam bukanlah suatu penyakit melainkan gejala, demam merupakan suatu respon tubuh terhadap adanya infeksi (Wong, 2013). Adapun itu, gejala demam dapat ditandai dengan temperatur suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius hingga 40 derajat celcius, menggigil, berkeringat, tidak nafsu makan, nadi dan respirasi meningkat (Suriadi & Yuliani, 2010).

Cara Penanganan Awal Demam di Rumah

Penanganan demam pada si kecil sangat bergantung pada peran orang tua, terutama ibu. Ketika si kecil demam, ibu harus memiliki sikap yang tepat untuk menangani dan memberi perawatan pada si kecil, sehingga dapat mencegah kondisi yang kurang baik maupun komplikasi demam yang tidak diatasi dengan benar.

Beberapa cara penanganan awal demam di rumah yaitu:

– Pemberian antipiretik yang dapat menurunkan suhu tubuh

– Kompres air hangat di area tubuh seperti leher, ketiak, dan selakangan

– Mandikan si kecil menggunakan air hangat

– Perbanyak minum air putih hangat atau beri ASI lebih sering/banyak jika masih menyusui

– Gunakan pakaian yang nyaman dan tipis pada si kecil

– Pastikan ruangan tetap nyaman dan sejuk

Namun, apabila demam si kecil tidak mengalami penurunan segera bawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.