Dibuka Bupati, LDII dan Kesbangpol Gunungkidul Gelar Pendidikan Politik Masyarakat

Bupati Gunungkidul Buka Pendidikan Politik Masyarkat LDII dan Kesbangpol
Bupati Gunungkidul Buka Pendidikan Politik Masyarkat LDII dan Kesbangpol

Jogjakeren.comDewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) bersama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan Pendidikan Politik Masyarakat, pada Rabu (22/6/2022) siang di Masjid Al-Fath, Tancep, Ngawen.

Pendidikan Politik Masyarakat dibuka langsung oleh Bupati Gunungkidul, H. Sunaryanta. Turut hadir Kepala Badan Kesbangpol Gunungkidul, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Komisi Pemilihan Umum Gunungkidul, serta Forkompimcam Kapanewon Ngawen.

Read More

Bertemakan “Peran Organisasi Masyarakat untuk Meningkatkan Partisipasi Pemilu Serentak Tahun 2024”, kegiatan ini mengundang jajaran Pengurus DPD LDII Kabupaten Gunungkidul beserta 40 peserta dari warga LDII.

Bupati Gunungkidul Ajak Warga LDII Tingkatkan Partisipasi Politik

Dalam sambutannya, H. Sunaryanta mengajak kepada warga LDII untuk dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan partisipasi politik.

“Mudah-mudahan acara ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar, dan kita juga bisa memahami apa yang menjadi keinginan pemerintah dan masyarakat dalam rangka mewujudkan pendidikan politik masyarakat dan peran ormas untuk meningkatkan partisipasi politik,” papar Sunaryanta.

Bupati Gunungkidul Buka Pendidikan Politik Masyarakat LDII dan Kesbangpol
Bupati Gunungkidul Buka Pendidikan Politik Masyarakat LDII dan Kesbangpol

Bupati Gunungkidul juga memaparkan kondisi pertumbuhan ekonomi yang kian membaik di Kabupaten Gunungkidul. Sunaryanta turut mengajak dan siap mendukung masyarakat untuk menjaga stabilitas perekonomian Kabupaten Gunungkidul melalui sejumlah sektor utama.

“Pertumbuhan ekonomi kita sudah nomor dua di empat kabupaten/kota di Yogyakarta. Ini adalah partisipasi besar dari masyarakat Gunungkidul. Untuk menguatkan pembangunan Gunungkidul, ada 3 sektor utama, pertanian, peternakan, dan UMKM,” terang Bupati Gunungkidul.

Kepala Badan Kesbangpol, Johan Eko Sudarto, dalam sambutannya juga mendukung kegiatan silaturahmi dan kerja sama antara pemerintah dan LDII.

“Kegiatan-kegiatan Kesbangpol sekarang paradigmanya sudah berubah, yakni kita bisa bersilaturahmi kepada ormas-ormas, salah satunya dengan LDII. Semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan mendukung visi misi Bapak Bupati. Karena salah satu tugas beratnya adalah menjaga kerukunan sebagai tugas pokok saya,” terang Johan.

Bidang Kebangsaan dalam 8 Program Bidang Pengabdian LDII untuk Bangsa

Ketua DPD LDII Gunungkidul dalam Pendidikan Politik Masyarakat
Ketua DPD LDII Gunungkidul dalam Pendidikan Politik Masyarakat

Ketua DPD LDII Kabupaten Gunungkidul, Wahono Budi Rustanto, menyampaikan terkait dengan bidang Kebangsaan yang termasuk dalam 8 Program Bidang Pengabdian LDII untuk bangsa.

“Kita punya program terkait dengan 8 bidang, khususnya adalah Kebangsaan. Kemarin kita audiensi dengan Kesbangpol dan akhirnya kita diberikan dua kegiatan, yakni pendidikan politik dan insyaallah pada bulan Juli ada wawasan kebangsaan,” jelas Wahono.

Wahono turut berpesan kepada warga LDII dan masyarakat luas untuk bisa perpartisipasi aktif dalam pemilihan umum mendatang.

“Kita ini netral aktif, tidak underbow di salah satu partai politik manapun, dan aktif atau tidak boleh golput. Warga boleh (mengajukan diri) sebagai calon yang dipilih, dan juga seluruh warga harus aktif memilih,” pungkas Ketua DPD LDII Gunungkidul.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.