Jadi Youtuber, Belajar Menjadi Pengusaha Sejak Dini

  • Whatsapp
Jadi Youtuber, Belajar Menjadi Pengusaha Sejak Dini
Yuk Berlatih Menjadi Pengusaha dengan Youtube

Menjadi pengusaha menjadi impian banyak orang. Tidak ada yang instan di dunia ini. Semua perlu proses, pun demikian dengan menjadi pengusaha. Di era yang serba digital ini ternyata menjadi youtuber bisa menjadi bagian dari proses menjadi pengusaha loh. Bagaimana bisa? Simak ulasan berikut dengan seksama.

Menjadi Pengusaha

Ada beragam alasan yang membuat seseorang ingin menjadi pengusaha. Apapun alasannya hal yang paling penting dalam menjadi pengusaha bukanlah tentang memperkaya diri sendiri.

Read More

Menjadi pengusaha berarti mencapai kesejahteraan pribadi dan juga memberi manfaat pada lingkungan sekitar. Manfaat yang paling bisa dirasakan yaitu terbukanya lapangan pekerjaan yang baru. Dengan demikian, menjadi pengusaha merupakan sebuah tujuan yang mulia yang pantas untuk diperjuangkan sejak dini.

Proses menjadi pengusaha memang tidak semudah yang kita bayangkan. Banyak tahapan yang harus dilalui. Banyak suka maupun duka yang ada. Namun, pada akhirnya semua itu akan memberikan pelajaran berharga dan juga mengasah keterampilan seseorang.

Era Digital

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk belajar menjadi seorang pengusaha. Dengan adanya era digital yang semakin maju ini sudah sepantasnya dimanfaatkan dengan baik.

Cara-cara daring bisa ditempuh untuk belajar hal baru. Tidak hanya melulu mencari ilmu saja. Tidak hanya sekadar membaca artikel sana sini, menonton video tutorial, maupun hal-hal lain yang sifatnya menerima materi. Namun, kita bisa langsung terjun belajar di lapangan secara langsung. Ya, lapangan digital tentunya.

Menjadi Youtuber?

Banyak anak muda yang ingin menjadi pengusaha tapi merasa tidak bisa segera memulai karena kendala pada modal. Beberapa masih terperangkap pada pemikiran bahwa untuk belajar menjadi pengusaha haruslah memulai dengan berjualan kecil-kecilan.

Walaupun dibilang kecil-kecilan tetap saja memerlukan modal yang lumayan. Akhirnya anak muda ini banyak yang tidak segera memulai belajar.

Maka dari itu menjadi youtuber bisa menjadi solusi. Menjadi youtuber bisa menjadi salah satu cara untuk belajar menjadi pengusaha sejak dini. Anak-anak muda yang notabenenya sangat dekat dengan dunia digital akan sangat mudah menjalaninya.

Bagaimana bisa youtuber digunakan untuk belajar menjadi pengusaha?

Youtube bisa kita analogikan sebagai masyarakat secara umum tetapi beda dunia. Dengan memiliki channel di youtube berarti kita memiliki usaha di dunia digital.

Layaknya di dunia nyata, di youtube kita juga harus menentukan di bidang apa kita akan memulai usaha. Jika biasanya kita mengenal kata ‘sektor’ pada dunia nyata, di youtube kita mengenalnya sebagai niche.

Niche adalah jenis konten yang akan kita sajikan di channel kita. Bisa dibilang juga, niche adalah tema. Niche haruslah menjawab isian yang kosong pada pernyataan berikut ini “Aku ingin membantu ..(siapa).. yang ..(kondisinya).. agar ..(tujuan)..”.

Misal, aku ingin membantu siswa SD yang kesulitan belajar matematika di
masa pandemi agar mereka lebih mudah paham.

Itu lah contoh dari niche yang kita analogikan dengan bidang atau sektor di dunia nyata.

Setelah memiliki niche yang jelas langkah berikutnya adalah mempersiapkan video yang sesuai dengan selera penonton sasaran kita. Pada dunia nyata, langkah ini adalah menentukan kualitas dan harga produk maupun jasa yang kita tawarkan pada konsumen.

Pada langkah ini, baik dunia maya maupun nyata, perlu dilakukan riset pasar. Riset yang dilakukan ditujukan untuk mengetahui minat konsumen, perilaku konsumen, jenis produk yang disukai, alasan pemilihan produk dan lain-lain.

Apabila tahap-tahap di atas telah dilalui maka yang perlu dilakukan berikutnya adalah melakukan kontrol kualitas (quality control). Selalu lakukan evaluasi terhadap produk dan sistem yang kita terapkan pada usaha kita. Dari hasil evaluasi tersebut dapat digunakan untuk melakukan pengembangan ke depannya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas tergambar dengan jelas bahwa aktivitas youtuber tidak jauh berbeda dengan aktivitas pengusaha pada umumnya. Selanjutnya, ketika sudah mengambil keputusan untuk memulai usaha, cara-cara tersebut dapat diterapkan dengan lebih mudah. Mengapa lebih mudah? Karena sudah terlatih.

Semua orang pada berbagai rentang usia bisa mempunyai channel di youtube. Anak-anak muda sangat cocok untuk belajar bisnis dengan menjadi youtuber. Tidak perlu risau pada kendala paket data karena sekarang fasilitas Wi-Fi gratis sudah ada di mana-mana. Maka dari itu menjadi youtuber bisa menjadi alternatif untuk belajar bisnis sejak dini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *