Jangan Terlewatkan! 7 Keutamaan Shalat Tahajud di Sepertiga Malam

  • Whatsapp
Keutamaan Shalat Tahajud Di Sepertiga Malam
Keutamaan Shalat Tahajud Di Sepertiga Malam

Jogjakeren– Apakah Anda sudah terbiasa mengerjakan Shalat Tahajud?

Jika SUDAH berarti Anda harus bersyukur dan pertahankan.

Jika BELUM segera niatkan untuk mengerjakannya.

Pengertian Shalat Tahajud

Shalat tahajud dalam Bahasa Arab disebut shalatun lail yang memiliki arti shalat malam. Jadi shalat tahajud atau shalat malam adalah shalat sunah yang dilakukan pada waktu malam hari. Waktu malam hari yang termasuk mustajab yaitu pada waktu sepertiga malam sampai menjelang subuh.

Shalat tahajud termasuk shalat sunah yang istimewa, karena Nabi Muhammad SAW diketahui tidak pernah meninggalkan amalan sunah tersebut.

Keutamaan Shalat Tahajud

Keutamaan shalat tahajud di antaranya:

1. Lebih Utamanya Sholat Selain Sholat Wajib

Nabi bersabda : “Lebih utamanya sholat selain sholat wajib adalah sholat malam”. (HR. Muslim)

2. Doanya Di Kabulkan

Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam yang akhir.

Allah berfirman : “Barang siapa yang BERDOA pada Ku, niscaya aku KABULKAN. Barang siapa yang MEMINTA pada Ku, niscaya aku PENUHI. Barang siapa yang meminta AMPUN pada Ku, niscaya aku AMPUNI”. (HR. Bukhori)

3. Disiapkan Panggung (rumah) Di Surga

Khusus bagi orang iman yang rutin bangun malam, memperbaiki ucapan dan shodaqoh memberi makan akan disiapkan panggung (rumah) yang istimewa di surga. (HR. At-Tirmidzi, Tobroni)

4. Menolak Penyakit

Di antara keutamaan tahajud adalah menolak penyakit. Dengan izin Allah, orang-orang yang mengamalkan shalat sunnah ini akan dijaga kesehatannya dan dijauhkan dari penyakit. Keutamaan ini telah terbukti secara medis. Selain itu, bagi yang mengamalkan akan lebih bersemangat tidak pemalas dan sehat. (HR. Bukhori, HR. Muslim)

5. Lebih Mendekatkan Diri Kepada Allah

Dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah, mustajab (dikabulkan) doanya, melebur dan menjauhkan diri dari dosa, menolak penyakit dari badan, dan dirohmati oleh Alloh. (HR. At-Tirmidzi, HR. Abu Dawud. HR. Nasa’i)

6. Menjadi Orang Mulia

Dengan mengamalkan shalat tahajud maka akan menjadi orang-orang yang paling mulia di antara umatnya Nabi Muhammad SAW (HR. Baihaqi)

7. Jaminan Masuk Surga

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi). Dan mereka yang mengamalkan shalat tahajud akan mendapat jaminan masuk surga dengan tanpa hisapan. (HR. Baihaqi)

Setelah mengetahui keutamaan-keutamaan di atas, apakah hati Anda tidak tergiur untuk mengerjakannya?

Marilah kita manfaatkan waktu dan kesempatan ini untuk meningkatkan ibadah kepada Allah dengan mengerjakan ibadah-ibadah sunah agar kita mempunyai amalan andalan.

Jangan sampai kita hidup sekali di dunia terlewatkan dengan keutamaan-keutamaan ibadah sunah salah satunya shalat tahajud. Kan sayang jika dilewatkan. Memang sih jika belum terbiasa mengerjakan akan merasa malas. Tetapi jika sudah terbiasa, rasa malas akan hilang dengan sendirinya.

Semoga bermanfaat

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *