Menjaga Kesehatan Mental dengan Mengatur Kadar Serotonin

  • Whatsapp
menjaga kesehatan mental
Cara Meningkatkan Serotonin untuk Menjaga Kesehatan Mental

Jogjakeren.com – Selain menjaga kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga tidak boleh dilalaikan. Kesehatan fisik tanpa kesehatan mental tentu menjadi hal yang sia-sia, begitu pun sebaliknya. Maka baik kesehatan fisik maupun mental harus selalu dijaga, sehingga bisa hidup dengan normal dan bahagia.

Berkaitan dengan kesehatan mental, hal tersebut tidak dapat lepas dari suatu hormon yang dinamakan serotonin. Dilansir dari Healthline, serotonin diproduksi oleh sel saraf dari asam amino triptofan. Jenis asam amino ini hanya bisa diperoleh dari makanan, seperti kacang-kacangan, keju, dan daging merah.

Read More

menjaga kesehatan mental
Cara Meningkatkan Serotonin untuk Menjaga Kesehatan Mental

Kekurangan kadar serotonin dapat mengakibatkan berbagai gangguan. Beberapa gangguan yang dapat ditimbulkan antara lain gangguan mood atau suasana hati, perasaan gelisah, hingga depresi. Maka, serotonin memiliki peran penting dalam mengatur kesehatan mental seseorang.

Memahami Peran Serotonin untuk Menjaga Kesehatan Mental

Secara lebih spesifik, berikut ini beberapa peran penting hormon serotonin bagi tubuh seseorang:

Membantu Mengontrol Pergerakan Usus

Hormon serotonin banyak ditemukan di perut dan usus. Hormon ini memiliki peran penting dalam membantu mengontrol pergerakan dan fungsi usus.

Mengatur Suasana Hati

Terkait dengan suasana hati, hormon serotonin dianggap dapat mengatur kecemasan, kebahagiaan, serta suasana hati. Kekurangan hormon ini dikaitkan dengan terjadinya depresi pada diri seseorang.

Mengatur Tidur

Tidak hanya itu, hormon serotonin juga memiliki peran dalam membantu mengatur tidur. Hormon ini akan merangsang bagian otak yang mengontrol tidur dan bangun. Tertidur atau terbangunkan, tergantung pada area otak mana yang dirangsang oleh serotonin.

Penyembuhan Luka

Serotonin juga berperan dalam penyembuhan luka. Ketika tubuh mengalami luka, maka trombosit darah akan melepaskan serotonin sehingga dapat membantu penyembuhan luka. Hormon ini akan menyebabkan penyempitan arteri kecil, sehingga pembentukan gumpalan darah menjadi terbantu.

Cara Meningkatkan Kadar Serotonin untuk Menjaga Kesehatan Mental

Salah satu peran penting dari hormon serotonin adalah dalam mengatur kesehatan mental seseorang. Bagi Anda yang mudah mengalami kegelisahan atau gangguan suasana hati lainnya, berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan kadar serotonin:

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Triptofan

Mengonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya akan triptofan dapat membantu meningkatkan kadar hormon dalam tubuh. Beberapa makanan yang mengandung triptofan yang tinggi adalah salmon, ayam, daging merah, telur, bayam, biji-bijian, berbagai produk susu, serta kacang-kacangan.

Memperoleh Sinar Matahari yang Cukup

Sinar matahari ternyata juga dapat mempengaruhi kadar serotonin dalam tubuh. Terapi cahaya terbukti mampu meningkatkan kadar serotonin pada penderita depresi.

Memperbanyak Berolahraga

Selain membantu menjaga kesehatan tubuh, olahraga yang rutin juga membantu meningkatkan kesehatan mental. Olahraga yang cukup mampu membantu meningkatkan kadar triptofan dalam tubuh sebagai bahan utama serotonin.

Konsumsi Obat Sesuai Resep Dokter

Beberapa jenis obat antidepresan digunakan untuk meningkatkan kadar serotonin. Meskipun demikian, penggunaan obat antidepresan ini haruslah dengan resep dokter.

Berbagai cara di atas bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh, sehingga kesehatan mental bisa tetap terjaga. Meskipun demikian, berbagai kondisi dalam tubuh haruslah tetap seimbang, sehingga tidak boleh ada yang kekurangan ataupun berlebihan, melainkan harus serimbang.

Begitu pula dengan kadar serotonin. Untuk menjaga kesehatan mental maupun fisik, hormon serotonin harus tetap seimbang. Dengan demikian, kesehatan tubuh dan fisik bisa tetap terjaga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *