Kenali Polamu untuk Hidup Lebih Sehat

  • Whatsapp
Pola Hidup Sehat
Ilustrasi (Foto: pakdok.com)

Jogjakeren – Sobat jogker, sudah tau belum pola hidup sehat itu apa??

Pola hidup sehat itu adalah gaya hidup sehari-hari untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Pada masa pandemi maupun tidak pola hidup sehat sangatlah penting untuk diri kita. Karena ada pepatah yang mengatakan bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati.

Bacaan Lainnya

Sebagian orang mengira bahwa untuk melakukan pola hidup sehat itu sangat berat. Padahal melakukan pola hidup sehat itu sangatlah mudah jika dilakukan dengan senang hati. Melakukan pola hidup sehat ini adalah investasi masa depan untuk tubuh kita, yaitu memiliki tubuh yang sehat, menghindari penyakit yang berbahaya seperti jantung, diabetes, dan lain sebagainya.

Nah, untuk itu marilah kita kenali bagaimana sih menerapkan pola hidup sehat???

  1. Berolahraga

Dilansir dari SehatQ, untuk orang dewasa disarankan berolahraga sebanyak 2 ½ jam per minggunya. Dengan olahraga ini membantu tubuh dan tulang terbiasa untuk bergerak aktif, serta menghindari kita dari obesitas.

Lakukanlah olahraga yang anda sukai terlebih dahulu, atau olahraga yang ringan-ringan seperti jalan-jalan di pagi hari, jogging, lompat tali, dan sebagainya. Dengan merutinkan olahraga maka tubuhmu akan sehat.

  1. Makan yang Bergizi

Makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh dalam kesehatan tubuh. Jika kita tidak bisa makan dengan gizi seimbang maka akan timbul efek bagi tubuh misalnya, masalah berat badan (kekurusan, kegemukan).

Aturlah pola makan anda dengan menerapkan 4 sehat 5 sempurna. Karbohidrat, lemak sehat, protein imbangilah dalam tubuh anda. Jangan hanya memakan yang enak di lidah saja, dan perbanyaklah minum air putih sebagai persediaan mineral dalam tubuh.

  1. Tidur yang Cukup

Dilansir dari halodoc, bahwa kita perlu tidur atau istirahat yang cukup untuk menjaga tubuh dan pikiran menjadi sehat. Halodoc menjelaskan bahwa jika kita susah dalam tidur maka mandilah dengan air yang hangat, itu bisa membantu untuk cepat tidur. Bisa juga dengan membaca buku atau mendengarkan musik yang rileks untuk menemani waktu tidur.

Dilansir SehatQ, orang dewasa itu membutuhkan waktu istirahat 7-9 jam di malam hari. Dengan tidur yang cukup ini bisa menghindarkan kita dari penyakit jantung dan menjaga berat badan.

  1. Hindari Stres dan Berpikir Positif

Setiap manusia pasti pernah mengalami stres karena memikirkan kehidupan. Akan tetapi jika stres itu sering berkelanjutan maka itu akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik maupun mental. Oleh karena itu, kita harus bisa mengatur pikiran kita agar berpikir positif. Berpikir yang positif akan menghasilkan sesuatu yang baik, karena dengan berpikir positif pikiran akan menjadi tenang.

Dalam halodoc menjelaskan bahwa untuk mengatasi stres anda bisa berpergian bersama keluarga ataupun teman anda, refreshing, menikmati lingkungan luar, dan menghirup udara yang sejuk. Dengan begitu beban pikiran akan hilang sedikit demi sedikit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *