Manfaat Pupuk Kompos yang Wajib Diketahui Para Petani

  • Whatsapp
Manfaat Pupuk Kompos
Manfaat Pupuk Kompos yang Wajib Diketahui Para Petani

Jogjakeren – Pupuk kompos merupakan pupuk organik yang mengandung berbagai unsur hara yang sangat penting untuk tanaman. Manfaat pupuk kompos sangatlah besar, baik untuk pertanian maupun untuk lingkungan. Namun demikian, penggunaan pupuk ini masih sangat terbatas di kalangan para petani.

Sebagian besar petani masih tergantung dan memilih untuk menggunakan pupuk kimia anorganik yang telah beredar luas di kalangan masyarakat. Padahal, penggunaan pupuk kompos mampu memberikan berbagai manfaat yang besar.

Bacaan Lainnya

Di samping proses pembuatannya yang mudah, pupuk kompos juga alami dan ramah lingkungan. Penggunaan pupuk kompos ini tidak hanya memberikan nutrisi kepada tanaman, melainkan juga meningkatkan kesuburan tanah.

Maka dari itu, penggunaan pupuk kompos memang masih sangat perlu untuk digalakkan di kalangan para petani. Dengan demikian, para petani dapat meminimalisir pembiayaan untuk pemupukan, serta mendapatkan berbagai keuntungan dari pembuatan dan penggunaan pupuk kompos.

Manfaat Pupuk Kompos
Manfaat Pupuk Kompos yang Wajib Diketahui Para Petani

4 Manfaat Pupuk Kompos yang Wajib Dipahami oleh Para Petani

Berikut ini beberapa manfaat dari pembuatan dan penggunaan pupuk kompos:

Memperbaiki Struktur dan Karakteristik Tanah

Selain memberikan unsur hara bagi tanaman, pupuk kompos yang berasal dari berbagai bahan organik mampu memperbaiki sifat-sifat tanah. Pupuk kompos mampu memperbaiki struktur dan karakteristik tanah, di mana tanah akan lebih gembur, kaya humus, serta mengandung berbagai mikroba mutualisme.

Tanah yang gembur, remah, dan kaya akan nutrisi organik akan sangat mendukung tumbuh kembang tanaman. Dengan struktur dan karakteristik tanah yang baik, perakaran tanaman akan tumbuh dengan sangat baik, sehingga tanaman pun akan subur dan memberikan hasil optimal.

Manfaat Pupuk Kompos Tingkatkan Daya Serap Tanah

Penggunaan pupuk kompos dalam pertanian juga akan berdampak baik dalam meningkatkan daya serap tanah. Struktur tanah yang telah diperbaiki dengan kompos akan mudah menyerap air, sehingga akar tanaman pun akan mudah mendapatkan suplai air.

Hal ini akan meminimalisir kapasitas air yang run off atau tidak terserap tanah. Sementara, tanah yang padat dan liat, akan lebih sedikit dalam menyerap air, sehingga pasokan air untuk tanaman pun juga sedikit.

Meningkatkan Mikroorganisme dalam Tanah

Mikroorganisme dalam tanah berperan penting dalam tumbuh kembang tanaman. Sejumlah mikroorganisme mampu membantu tanaman dalam menyerap unsur hara dalam tanah.

Kandungan mikoorganisme yang tinggi dalam tanah juga mengindikasikan bahwa kondisi tanah sangat baik dan subur untuk tanaman.

Manfaat Pupuk Kompos yang Wajib Diketahui Para Petani
Manfaat Pupuk Kompos yang Wajib Diketahui Para Petani

Mengurangi Sampah dan Menjaga Kesehatan Lingkungan

Di samping berbagai manfaatnya yang luar biasa untuk tanaman, pupuk organik ini juga berdampak baik terhadap lingkungan. Pupuk kompos dapat dibuat dari sampah-sampah organik yang ada di sekitar kita, sehingga akan membantu mengurangi jumlah sampah yang terbuang sia-sia.

Pengomposan sampah-sampah organik dari rumah tangga, juga akan membantu menjaga lingkungan lebih sehat. Sampah-sampah akan diuraikan secara alami, sehingga tidak mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Sejumlah manfaat pupuk kompos di atas bisa menjadi inspirasi bagi para petani untuk meningkatkan penggunaan pupuk kompos. Dengan menggunakan pupuk kompos, maka para petani dapat meminimalisir penggunaan pupuk kimia anorganik yang harganya relatif mahal, serta berdampak buruk bagi tanah dalam jangka panjang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *