Ketum MUI Kulon Progo Lanjutkan Kerja Sama dengan LDII

  • Whatsapp
Sekum MUI Kulon Progo Drs.H.Abdurahman (kanan) menerima silaturrahim DPD LDII (foto : Lines)
Sekum MUI Kulon Progo Drs.H.Abdurahman (kanan) menerima silaturrahim DPD LDII (foto : Lines)

JogjakerenLembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) sebagai Organisasi Islam, telah rutin menjalin silaturahmi dan kerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), baik di pusat maupun daerah. Beruntung, di masa pandemi ini Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII Kulon Progo dapat bersilaturahmi dengan Ketua Umum MUI Kulon Progo Drs. HM. Wasiludin. Bertempat di kediamannya, Girigondo, Kaligintung, Temon, Kulon Progo, ia menerima rombongan yang dipimpin Ketua DPD LDII Kulon Progo H. Pandaya, S.Pd., M.Pd.

Kenapa silaturahmi? Silaturahmi itu mempererat tali persaudaraan. Juga memanjangkan usia. Dengan silaturahmi, yang sebelumnya terasa jauh akan menjadi dekat. Yang sudah dekat, niscaya akan semakin akrab. Di masa pandemi, jalinan silaturahmi bisa dilaksanakan secara daring. Dapat juga secara tatap muka dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Bacaan Lainnya

Kendati kartu ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri sudah terkirim sebelumnya, Pandaya menyampaikannya kembali pada kesempatan ini. Ia berharap semoga MUI sebagai rumah besarnya umat Islam bisa menaungi ormas di Kulon Progo, termasuk LDII. “Kami sangat bersyukur diayomi MUI. Mohon tausiah dan bimbingan, sehingga kita dapat bersama-sama memajukan umat Islam khususnya di Kulon Progo,” kata Pandaya.

Ketum MUI Kulon Progo Drs.HM. Wasiludin (kanan) menerima silaturrahim DPD LDII (foto : Lines Kulon Progo)
Ketum MUI Kulon Progo Drs.HM. Wasiludin (kanan) menerima silaturahmi DPD LDII Kulon Progo (Foto : Lines Kulon Progo)

Wasiludin menyambut baik silaturahmi ini. Teriring doa, semoga Allah memberikan umur panjang dan kesehatan, sehingga MUI dan LDII bisa melanjutkan kerja sama yang sudah terjalin selama ini. “Kita jaga silaturahmi ini. Hubungan baik dan kerja sama MUI dengan LDII, LDII dengan NU, maupun ormas lain tetap kita jaga. Kita dukung pendidikan karakter, demi kebaikan umat Islam khususnya di Kulon Progo,” kata Wasiludin.

Suasana akrab begitu terasa dalam perbincangan hangat pagi tadi, Sabtu 12 Juni 2021. Ketum MUI Kulon Progo berbagi kisah ketika mendampingi salah satu kloter tambahan jamaah haji. Tahun berikutnya ditugaskan pada sebuah Pengadilan Agama di NTT. Tantangan yang tidak ringan. Mengingat Islam di sana adalah minoritas. Tercatat hanya ada 5 masjid di sebuah kabupaten. Namun dari sana, banyak pengalaman yang bisa diambil sebagai pelajaran berharga.

Sekum MUI Kulon Progo Siap Lanjutkan Kerja Sama

Selanjutnya, pengurus harian DPD LDII Kulon Progo silaturahmi dengan Sekretaris Umum MUI Kulon Progo, Drs. H. Abdurahman di kediamannya, Pengasih. Sambutan yang hangat begitu dirasakan. Berbagai kisah pengalamannya ketika menjadi ketua kloter jamaah haji tahun 2019 lalu, menyiratkan pengabdian yang tulus. Abdurahman juga menyatakan kesiapannya jika dibutuhkan LDII untuk mengisi materi, “Jika saya mampu dan diberikan kesempatan sesuai program kerja LDII, insya Allah kami siap memberi materi. Silakan dijadwalkan waktunya,” tuturnya.

Dengan silaturahmi, memang banyak hikmah yang bisa kita ambil. Pandaya bersyukur atas terlaksananya kegiatan ini. “Di samping bisa lebih dekat dengan MUI, alhamdulillah beliau berdua menyatakan kesediaannya untuk hadir pada acara Tausiah MUI dan DPP LDII secara daring besok pagi, insya Allah,” pungkas Pandaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *