Pentingnya Membaca LDKB Sebelum Menggunakan Bahan Kimia

  • Whatsapp
LDKB
Lembar Data Keselamatan Kerja (sumber: sekolahmanajemen.com)

Jogjakeren – Hampir semua bahan kimia yang digunakan dalam produksi di industri, berhubungan dengan satu atau lebih sumber bahaya bagi kesehatan atau fisik. Bila tidak segera dicegah, sumber bahaya ini dapat merugikan pekerjaan dan lingkungan di luar perusahaan. Maka sangat penting bagi semua industri yang kegiatannya melibatkan bahan kimia berbahaya untuk melaksanakan program komunikasi bahaya secara efektif.

Dari banyaknya elemen program komunikasi bahaya yang harus dilakukan, salah satunya yang penting adalah penyediaan Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB). LDKB adalah lembar petunjuk yang berisi informasi bahan kimia meliputi sifat fisik, kimia, jenis bahaya yang ditimbulkan, cara penanganan, tindakan khusus dalam keadaan darurat dan informasi lain yang diperlukan.

Bacaan Lainnya

LDKB termasuk sumber informasi yang sangat penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau cedera saat menangani bahan kimia berbahaya. Melalui LDKB, pekerja dapat mengetahui sifat-sifat bahaya bahan kimia yang digunakan, alat pelindung diri yang digunakan hingga prosedur darurat bila terjadi tumpahan, kebakaran, kebocoran, dan ledakan.

Pengusaha harus memastikan bahwa LDKB dapat diakses oleh karyawan untuk semua bahan kimia berbahaya di tempat kerja mereka. Ini dapat dilakuka dengan berbagai cara. Misalnya, pemberi kerja dapat menyimpan LDKB di dalam binder atau komputer selama karyawan memiliki akses langsung ke informasi tanpa meninggalkan area kerja mereka saat diperlukan dan cadangan tersedia untuk akses cepat ke LDKB dalam kasus pemadaman listrik atau keadaan darurat lainnya.

Selain itu, pemberi kerja mungkin ingin menunjuk sesorang yang bertanggung jawab untuk mendapatkan dan memelihara LDKB. Jika pemberi kerja tidak memiliki LDKB, pemberi kerja atau orang yang ditunjuk harus menghubungi pabrikan untuk mendapatkannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *