Mahasiswa KKN-PPM UGM Natar Deklarasikan Dusun Serbajadi 2 Siap Proklim 2024

Dusun Serbajadi 2 Proklim 2024
Mahasiswa KKN-PPM UGM deklarasikan Dusun Serbajadi 2 Siap Proklim 2024.

Jogjakeren.com – Sepuluh mahasiswa KKN-PPM Universitas Gadjah Mada (UGM) didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Ir. Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D., IPU. menggelar kegiatan “Deklarasi Dusun Serbajadi 2 Siap Proklim 2024” pada Kamis (10/8/2023) di Aula Serbaguna Yayasan Nurul Huda Lampung. Kegiatan ini terselenggara dengan sukses dan juga merupakan salah satu rangkaian sinergi antara tim KKN-PPM UGM Natar, LDII Provinsi Lampung, serta Dusun Serbajadi 2.

Hadir anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Selatan H. Sidik Maryanto, Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LDII Provinsi Lampung Drs. Heri Sensustadi, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII Kabupaten Lampung Selatan Drs. Sugiono, Kepala Dusun Serbajadi 2 Muhammad Gholibin, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Lampung sekaligus anggota Pengurus Daerah Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) Provinsi Lampung Prof. Dr. Suharno, M.Sc., Ph.D., serta seluruh Ketua RT Dusun Serbajadi 2. Kegiatan ini juga dihadiri oleh tim pengelola sampah dari Dusun Serbajadi 2 dan Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda.

Dusun Serbajadi 2 Proklim 2024
Penyerahan cangkul sebagai simbolis Gerakan 1.000 Jugangan.

Dalam sambutannya Drs. Heri Sensustadi menyampaikan apresiasi terhadap program yang dijalankan ini, “Melalui program kampung iklim ini, alhamdulillah, DPW LDII Provinsi Lampung menyampaikan apresiasi yang luar biasa,” katanya. Ia berharap agar program ini dapat berkelanjutan, “Harapan kami ketika mahasiswa pulang, program yang berjalan jangan berhenti begitu saja. Saya akan terus monitor program ini,” ujar Heri.

Bacaan Lainnya

Dosen Pembimbing Lapangan Atus Syahbudin sekilas menyampaikan tentang Program Kampung Iklim. “Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memiliki program yang diberi nama Program Kampung Iklim untuk mengatasi global warming, yang terdiri dari beberapa program seperti memperbanyak tutupan hijau dengan pohon, optimalisasi pekarangan dengan pohon buah, sayur-mayur, dan toga, penggunaan energi baru dan terbarukan, konservasi air dan tanah, dan keamanan pangan,” jelasnya. Atus berharap dalam proyek ini kampung Proklim bersinergi dengan sekolah dan pondok pesantren.

Dalam kegiatan ini, Kepala Dusun Serbajadi 2 beserta seluruh tamu undangan mendeklarasikan kesiapannya menuju Program Kampung Iklim. “Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, kami masyarakat Dusun Serbajadi 2 menyatakan siap mendukung dan melaksanakan Program Kampung Iklim di Dusun Serbajadi 2, ikut serta menyukseskan program Gerakan 1.000 Jugangan, menyatakan Serbajadi 2 sebagai Kampung Bebas Asap Rokok, dan meresmikan kelembagaan pengelolaan sampah Dusun Serbajadi 2,” ucapnya serentak.

Usai pembacaan deklarasi tersebut, dilanjutkan dengan penyerahan cangkul dari DPL KKN-PPM UGM Natar kepada Muhammad Gholibin sebagai simbolis Gerakan 1.000 Jugangan. Disusul dengan penandatanganan oleh tamu undangan di kanvas dalam rangka mendukung deklarasi tersebut.

Acara deklarasi ditutup dengan peresmian kelembagaan pengelolaan sampah Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Lampung oleh Prof. Dr. Suharno, M.Sc., Ph.D. selaku Ketua Yayasan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *