Menilik Ikon Wisata Bersejarah, Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Tampak depan Keraton Yogyakarta (Foto: kompas.com)

Jogjakeren.com – Jika berjalan-jalan ke Malioboro, Pasar Beringharjo, kemudian Benteng Vredeburg atau area nol KM Yogyakarta, Keraton Yogyakarta menjadi salah satu ikon wisata bersejarah di Yogyakarta yang sayang jika dilewatkan.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang sampai saat ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal raja. Selain itu, kompleks keraton kini sebagian beralih fungsi sebagai museum benda-benda koleksi milik kesultanan.

Read More

Keraton Yogyakarta adalah pilar yang masih kokoh menyangga dan menjaga warisan budaya Jawa seperti kegiatan upacara adat dan benda-benda kuno lainnya. Kehidupan di Keraton Yogyakarta masih dilingkupi oleh nilai-nilai filosofi dan mitologi yang kental.

Di tempat ini, wisatawan dapat belajar dan menyaksikan secara langsung bagaimana budaya Jawa tetap hidup dan dilestarikan dengan baik di tengah laju perkembangan dunia.

Selain berkeliling menyusuri bangunan-bangunan yang ada dalam istana, para wisatawan dapat menyaksikan beberapa pertunjukan di dalam istana. Pertunjukan ini rutin digelar di istana dengan jam dan hari yang telah ditentukan.

Ada pula pertunjukan berupa upacara adat yang diselenggarakan untuk memperingati hari-hari tertentu, seperti pagelaran wayang kulit, gamelan, tari-tarian, wayang golek, dan pagelaran macapat atau puisi Jawa.

Untuk menikmati pagelaran seni wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Jika berkunjung pada hari selasa wage, wisatawan bisa menyaksikan lomba jemparingan atau panahan gaya Mataraman di Kemandhungan Kidul.

Jemparingan ini dilaksanakan dalam rangka tinggalan dalem Sri Sultan HB X. Keunikan dari jemparingan ini adalah setiap peserta wajib mengenakan busana tradisional Jawa dan memanah dengan posisi duduk.

Lokasi Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta (Foto: kratonjogja.id)

Keraton Yogyakarta berada di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya yang berada di pusat Kota Yogyakarta akan memudahkan wisatawan untuk sampai ke istana kesultanan ini.

Jam Operasional:

Wisata Keraton Senin-Kamis                          LIBUR

Wisata Keraton Jumat-Minggu                       11.00-17.00 WIB

Pagelaran Sabtu-Kamis                                   08.30-13.30 WIB

Pagelaran Jumat                                              08.30-11.00 WIB

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *