Meningkatkan Kualitas Tidur dengan Sleep Hygiene

  • Whatsapp
Sleep Hygiene
Meningkatkatkan kualitas tidur dengan sleep hygiene, yaitu mengomptimalkan kamr tidur. (Foto: www.pexels.com)

Jogjakeren.com – Apakah overthinking membuatmu sulit tidur di malam hari? Atau jam tidurmu semakin tidak teratur?

Jika iya, sleep hygiene dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi berbagai ganguan tidur. Orang yang mengalami insomnia serius atau gangguan tidur seperti apnea tidur obstruktif dapat terbantu dengan penerapan sleep hygiene yang baik, tetapi perawatan lain biasanya juga diperlukan.

Bacaan Lainnya

Sleep hygiene yang ideal dapat bervariasi setiap orangnya. Kamu dapat memulai kebiasaan kecil secara bertahap serta menguji berbagai kebiasaan kecil apa yang paling membantu kamu tidur. Prinsip sleep hygiene adalah menempatkan diri dan lingkungan pada posisi terbaik untuk tidur nyenyak setiap malam.

Bagaimana Cara Mempraktikkan Sleep Hygiene yang Baik?

Mulai dari mengoptimalkan jam tidur dengan membuat jadwal tidur, rutinitas sebelum tidur, rutinitas harian, serta menciptakan lingkungan tidur yang nyaman dapat menciptakan kebiasaan tidur berkualitas terasa lebih otomatis. Dilansir dari Sleep Foundation (sleepfoundation.org), berikut beberapa tips sleep hygiene yang bisa kamu terapkan.

Mengoptimalkan Kamar Tidur

Bagaimana kamu mempersiapkan tempat tidur juga dapat menentukan seberapa mudah kamu dapat tertidur loh.

Gunakan barang yang nyaman

Pastikan kasur, bantal, sprei, dan selimut nyaman dan sesuai dengan seleramu.

Atur suhu yang sejuk tetapi nyaman

Sesuaikan suhu kamar sesuai seleramu. Namun, suhu dingin (sekitar 65 derajat fahrenheit) lebih disarankan untuk memfasilitasi tubuh tertidur nyenyak.

Cegah cahaya masuk

Gunakan tirai tebal atau penutup mata untuk mencegah cahaya mengganggu tidurmu.

Hindari kebisingan

Kamu dapat menggunakan penyumbat telinga untuk menghentikan kebisingan. Jika tidak merasa nyaman, kamu dapat mencoba mesin white noise atau bahkan kipas untuk meredam suara yang mengganggu.

Gunakan pengharum yang menenangkan

Bau-bauan yang ringan, seperti lavender, dapat membuat pikiran lebih tenang dan membantu menumbuhkan ruang positif untuk tidur.

Mengembangkan Rutinitas Siang Hari

Memasukkan rutinitas positif di siang hari juga dapat mendukung ritme sikardian tubuh dan mengurangi gangguan tidur loh.

Dapatkan Paparan Cahaya di Siang Hari

Cahaya, terutama sinar matahari, dapat mendorong ritme sikardian tubuh dan meningkatkan kualitas tidur.

Batasi Aktivitas di Tempat Tidur

Untuk membangun hubungan dalam pikiran kamu antara tidur dan berada di tempat tidur, sebaiknya gunakan tempat tidur Anda hanya untuk tidur.

Aktivitas Fisik

Olahraga secara teratur dapat membuat tidur lebih mudah di malam hari dan juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan lainnya.

Jangan Merokok

Nikotin merangsang tubuh dengan cara mengganggu tidur. Oleh karena itu, merokok berkorelasi dengan banyak masalah tidur.

Namun, jika kamu memiliki masalah tidur yang berkepanjangan, parah atau kantuk di siang hari, segera konsultasikan dengan dokter yang dapat merekomendasikan perawatan yang paling tepat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *