Meriahkan Hari Kemerdekaan di Masa Pandemi, LDII Jambidan Gandeng Mahasiswa KKN UNY

LDII Jambidan
Lomba makan kerupuk anak usia TK yang digelar PAC LDII Jambidan bekerja sama dengan mahasiswa KKN UNY.

Jogjakeren – Bulan Agustus yang merupakan bulan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia, identik dengan lomba. Demi memeriahkan hari lahirnya bangsa Indonesia dan mengenang perjuangan paara pahlawan zaman dulu, berbagai wilayah di seluruh pelosok nusantara, hampir semuanya mengadakan lomba. Meski tahun 2021 ini pandemi Covid-19 belum reda, beberapa wilayah tetap menggelar lomba dengan mematuhi protokol kesehatan.

Termasuk pula di wilayah Jambidan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, juga digelar lomba untuk anak-anak. Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kalurahan Jambidan bekerja sama dengan mahasiswa KKN UNY, mengadakan berbagai lomba yang ditujukan untuk anak usia PAUD, TK dan SD. Lomba diadakan di aula Masjid Baitul Ahyar pada hari Senin dan Kamis, 23 dan 26 Agustus 2021.

Read More
LDII Jambidan
Lomba memasukkan paku ke dalam botol diikuti oleh anak usia SD

Lomba yang diikuti oleh 30 peserta ini terdiri dari lomba mewarnai untuk anak usia PAUD dan lomba makan kerupuk untuk anak usia TK. Adapun lomba lari kelereng dan memasukkan paku ke dalam botol diikuti oleh anak usia SD. Salah satu tujuan lomba ini, untuk membuat variasi materi pelajaran agama yang selama ini diberikan rutin 2 kali seminggu.

Hal ini disampaikan Maharani, salah satu ustaz untuk usia PAUD dan TK Masjid Baitul Ahyar. “Agar anak-anak tidak monoton materi pembelajarannya, sesekali diadakan perlombaan yang menghibur,” tuturnya. Kebetulan pada bulan Agustus 2021 ini ada mahasiswa dari UNY yang mengadakan KKN di Kelurahan Jambidan, sehingga bisa diajak kerja sama untuk pengadaan lomba ini. Mereka adalah Muhammad Arifin, Widi Pramudta R, Fauzi Sandra Dewi, Brilliani Oktian Amalia dan Zukhrufa Ken Satya.

LDII Jambidan
Lomba mewarnai untuk anak usia PAUD

Selama lomba berlangsung, suasana sangat meriah yang diiringi penuh tawa dan teriakan yel-yel. Namuan ada pula sebagian anak TK yang menangis karena saat makan kerupuk dilarang oleh panitia lomba agar tangan tidak memegang kerupuknya. Kegiatan ini benar-benar menghibur anak-anak di sekitar masjid tersebut.

Brilliani Oktian Amalia, salah satu mahasiswa KKN mengatakan, “Selain memeriahkan hari kemerdekaan bangsa Indonesia, lomba Agustusan ini bertujuan menghibur anak-anak agar tidak bosan dengan materi agama yang sudah rutin berjalan 2 kali seminggu,” katanya.

Pembina PAC LDII Kalurahan Jambidan, H. Sunardi, BA juga menyambut gembira dengan kegiatan ini. Dengan jadwal lomba yang telah diberikan kepada para orang tua, menjadikan anaknya tambah semangat untuk pergi ke masjid. “Adanya berbagai jenis lomba Agustusan yang diinisiasi oleh para mahasiswa KKN UNY, dapat menambah semangat kehadiran anak-anak datang di masjid,” tuturnya.

Mengingat lomba ini hanya untuk menghibur anak-anak, maka tidak ada yang menang maupun kalah. Semua peserta lomba menjadi juara, sehingga layak mendapatkan hadiah berupa snack berbagai jenis. Sebagai penutup dari serangkain acara lomba, diadakan foto bersama. Selamat Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia. Merdeka…!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.