10 Gerakan Simpel Olahraga Mengecilkan Perut dan Paha

Olahraga Mengecilkan Perut dan Paha
Source : halodoc

Jogjakeren.comolahraga mengecilkan perut dan paha – Lemak-lemak yang ada di perut tidak hanya mengganggu penampilan tapi juga sulit untuk dihilangkan. Hal itu juga berbahaya bagi tubuh kita. Orang dengan lemak yang berlebih di perutnya akan berisiko tinggi terkena penyakit jantung, diabetes, stroke dan penyakit kanker tertentu.

Mengecilkan perut dan paha memang tidak mudah seperti apa yang kita ketahui. Banyak sekali upaya-upaya mengecilkan perut dan paha dan itu harus diimbangi dengan berolahraga dengan efektif dan makanannya pun harus dijaga. Tidak sembarang makanan kita makan dengan begitu saja tanpa ada porsinya. Jika hanya mengandalkan olahraga saja tapi porsi makannya berlebih itu sama saja kita tidak menyayangi tubuh kita sendiri.

Di bawah ini adalah beberapa gerakan simpel olahraga untuk mengecilkan perut dan paha yang mudah dilakukan di rumah.

Bacaan Lainnya

1.Crunch

Gerakan crunches adalah cara terbaik untuk membakar beberapa lemak jahat yang ada di area perut dan paha. Gerakan ini diawali dengan berbaring di atas matras, kemudian tekuk lutut dengan posisi kaki menapak matras. Lebar kaki selebar pinggul. Lalu letakkan kedua tangan di belakang kepala, tetapi posisi jari-jari tidak dikaitkan satu sama lain. Lakukan gerakan perlahan dengan mengangkat tubuh bagian atas dari lantai, disertai tarikan nafas dalam-dalam saat berada di posisi ini. Dan jika sudah buang nafas. 

Lakukan gerakan ini tanpa mengubah posisi bagian tubuh lainnya. Kemudian saat akan kembali ke posisi berbaring, tarik nafas saat menurunkannya kembali ke matras. Gerakan crunch ini dapat dilakukan 10 kali per set dan dapat dilakukan setidaknya 2 atau 3 set per hari.

Baca Juga : 9 Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut, Cocok Buat Kamu Yang Mageran

2.Vertical Leg Crunch

Gerakan vertical leg crunch ini sama seperti gerakan crunch biasa sebagai gerakan mengecilkan perut. Gerakan ini mengharuskan untuk menjaga keseimbangan kaki agar tetap lurus. Otot perut akan bekerja dengan lebih keras dan meningkatkan intensitas pada latihan. 

Cara melakukan gerakan ini yaitu baringkan tubuhmu dengan posisi tangan berada di belakang kepala, angkat kaki lurus ke atas dengan lutut yang disilangkan. Lakukan gerakan mengangkat kepala dan bahu dari lantai. Lalu baring kembali, jaga keseimbangan kaki agar tetap terlentang di udara sepanjang waktu. Hembuskan nafas ketika saat melunturkannya dan tarik nafas saat kembali berbaring.

Lakukan cara ini 1-3 set dengan 12-16 pengulangan agar mendapatkan hasil yang lebih optimal.

3.Berjalan 

Gerakan ini mungkin sudah kamu lakukan setiap harinya. Berjalan adalah termasuk cara mengecilkan perut dan paha yang mudah dilakukan bagi setiap orang. Tapi ada sebagian orang yang meremehkan cara yang satu ini. Padahal dengan kamu berjalan selama 30 menit saja setiap harinya, kamu akan membakar sebagian lemak yang ada dalam tubuhmu. Akan tetapi kamu harus tetap konsisten untuk melakukan cara yang sederhana ini.

4.Jumping Jack

Gerakan ini dapat mengurangi lemak di paha dan juga mengaktifkan otot dalam tubuh. Caranya cukup sederhana yaitu dengan posisi berdiri, lalu kaki dan tangan dirapatkan. Kemudian cobalah untuk melakukan lompatan dengan gerakan kedua tangan di atas, sedangkan bagian kaki agak dilebarkan ke samping. Lakukan gerakan ini secara rutin dan dengan disertai gerakan olahraga dasar lainnya.

Baca Juga : 10 Gerakan Simpel Olahraga Mengecilkan Perut dan Paha

5.Bersepeda

Olahraga Mengecilkan Perut dan Paha
Souce : Canva

Bersepeda memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti dapat meningkatkan detak jantung, membakar kalori pada tubuh dan membakar lemak pada tubuh. Selain itu gerakan pada saat bersepeda juga dapat menurunkan lemak di daerah paha dan pinggang. Cara ini cukup efektif dilakukan untuk mengurangi lemak dan meningkatkan kesehatan pada tubuh. Lakukan setiap pagi selama beberapa menit.

6.Squat Jump

Gerakan squat jump juga termasuk gerakan yang dapat mengecilkan perut dan paha sekaligus. Caranya posisikan tubuh berdiri dengan tegak dan kaki dibuka selebar bahu. Letakkan kedua tangan di belakang kepala. Lalu turunkan tubuh sampai 90 derajat dan lompat dengan posisi tubuh kembali seperti semula. Pastikan posisi tangan tidak berubah saat melakukan gerakan. Lakukan sebanyak 10-15 kali.

7.Bridges

Kamu bisa melakukan gerakan ini jika ingin membakar lemak-lemak yang ada di tubuhmu. Caranya yaitu rebahkan tubuhmu dengan posisi terlentang di atas matras. Tangan lurus berada di samping badan dengan lutut yang ditekuk. Lalu angkat badan dan posisi tangan tetap sama seperti semula. Kemudian bentuklah sudut 90 derajat, tahan posisi tersebut selama 30 detik.

8.Sit Up

Gerakan ini dapat mengecilkan dan membentuk otot perut jika dilakukan secara rutin. Caranya adalah baring terlentang, lalu tekuk kaki di udara. Letakkan tangan di belakang kepala, angkat bahu dengan menggunakan otot perut. Dan turunkan perlahan dengan menggunakan kekuatan otot perut. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang.

9.Berlari 

Olahraga Mengecilkan Perut dan Paha
Souce : Canva

Berlari adalah olahraga yang dapat mengecilkan perut dan paha kamu. Karena dengan gerakan ini akan banyak kalori dan lemak yang akan terbakar pada tubuh kamu. Saat berlari posisikan tubuhmu dengan dada yang sedikit membusung, punggung tegak, perut masuk ke dalam dan posisi kepala sedikit terangkat.

10.Sing Kettle Pose

 Gerakan ini dipercaya dapat membentuk otot pada perut dan membakar lemak yang ada di paha. Caranya adalah berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar bahu. Tekuk pinggul sambil mengangkat kettlebell dengan kedua tangan yang mengarah lurus ke depan. Ayunkan kettlebell ke bawah hingga sedikit melewati kedua kaki, lalu kembali ke posisi yang semula. Lakukan secara berulang.

Itulah beberapa gerakan yang bisa kamu lakukan di rumah untuk membentuk tubuh yang ideal serta dapat mengecilkan perut dan paha kamu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *