9 Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut, Cocok Buat Kamu Yang Mageran

Olahraga Mengecilkan Perut
Source : ruparupa.com

Jogjakeren.comOlahraga Mengecilkan PerutPerut buncit biasa terjadi akibat penumpukan lemak yang terus bertambah setiap harinya. Sebagian orang baik wanita maupun pria memiliki perut buncit yang mungkin membuat mereka merasa kurang percaya diri akan penampilan mereka. Jangan anggap remeh dengan kondisi ini, sebab kondisi ini bisa berisiko bagi kesehatan. 

Berikut adalah cara yang efektif untuk membantu mengecilkan perut buncit. Yuk, kita simak apa saja 9 gerakan olahraga mengecilkan perut yang bisa dilakukan secara rutin dan pastinya cocok banget buat kamu yang mageran. 

Beberapa gerakan ini bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa memerlukan peralatan khusus.

Bacaan Lainnya
  1. Sit up 

Sit up merupakan dasar latihan kekuatan otot. Latihan sit up dapat memperkuat dan mengencangkan otot perut. Gerakan ini dapat membantu mengecilkan perut secara ampuh jika dilakukan dengan rutin. Caranya, baringkan badan di lantai dalam posisi terlentang dengan lutut ditekuk. Lalu angkat badan ke arah lutut sambil menghembuskan nafas. Dan perlahan turunkan kembali ke lantai sambil menarik nafas. Lakukan gerakan yang sama sebanyak 10 kali (satu set), dan ulangi hingga 2-3 set per hari.

Baca Juga : 9 Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut, Cocok Buat Kamu Yang Mageran

  1. High Intensity Interval Training (HIIT)

Cara ini merupakan salah satu jenis latihan interval berintensitas tinggi. HIIT adalah latihan singkat yang mengkombinasikan latihan intensitas dengan gerakan intensitas rendah dan waktu istirahat. Biasanya gerakan HIIT berlangsung selama 10-30 menit. 

  1. Russian Twist

Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara duduk di lantai posisi lutut ditekuk dan kaki berbaring rata di lantai. Condongkan tubuh sedikit ke belakang sehingga badan dan paha membentuk V atau sudut 45 derajat. Genggam kedua tangan di depan dan angkat kaki sedikit dari lantai. Libatkan otot inti untuk memutar badan terlebih dahulu ke kanan, lalu kembali ke tengah, lalu ke kiri.

  1. High Knee

High knee akan membantu mengecilkan perut buncit secara efektif. Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara seperti berlari cepat di tempat selama 20 detik. Perlu diperhatikan kamu harus mengangkat kaki setinggi mungkin dalam posisi menekuk dan menggerakkan kaki secepat mungkin. Jaga tubuh bagian atas tetap tegak agar otot pada perut dapat terlatih dengan baik.

  1. Bicycle Crunch

Gerakan ini mirip gerakan saat kita sedang mengendarai sepeda. Bedanya, gerakan yang satu ini dilakukan sambil berbaring terlentang dan kaki di udara. Putar tubuh bagian atas ke kanan dan ke kiri dengan posisi kepala mengikuti arah. Saat melihat ke sisi kanan, kaki kiri juga ikut ditekuk untuk menempel pada siku. Lalu luruskan kembali. Lakukan berulang secara bergantian. 

  1. Segitiga Crunch

Tahapan dari gerakan ini yaitu berlutut dengan tumpuan lutut kanan dan letakkan tangan kanan di atas matras atau alas. Rentangkan kaki kiri dan letakkan tangan kiri di belakang kepala. Angkat kaki kiri ke siku kiri dan lakukan gerakan ke atas. Tahan posisi tersebut sebentar dan perlahan kembali. Ulangi 30 kali untuk setiap sisinya.

Baca Juga : Lakukan Ini Saat Merasa Kehilangan Arah dan Tujuan Hidup

  1. Starfish Crunch

Caranya, baringkan dan rentangkan kaki juga tangan kamu, bentuk posisi tubuh seperti huruf “X”. Angkat bahu, sebagian tubuh bagian atas dan kaki dari lantai. Dan buat siku bertemu dengan lutut. Ulangi gerakan ini hingga 20 kali.

  1. Standing Cross Crunch

Posisi tubuh berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul dan letakkan tangan di belakang kepala. Tekuk tangan kiri dan gerakan lutut ke arah siku kanan. Buat lutut dan siku bertemu. Ulangi juga di sisi lain hingga 30 kali.

  1. Sentuhan Tumit

Tahap awal baringkan tubuh di atas matras atau alas. Tekuk lutut dan letakkan kaki sedikit lebih lebar dari bahu. Lalu rentangkan lengan dengan telapak tangan menghadap kedalam dan posisikan ke kiri ke kanan menyentuh tumit. Lakukan hal yang sama dengan sisi kanan dan ulangi 30 kali.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *