Olahraga Tak Harus Mahal, Ini Pilihan Olahraga yang Murah dan Banyak Manfaatnya

  • Whatsapp
olahraga
Olahraga bersepeda oleh Remaja LDII Kecamatan Jetis, Bantul

jogjakeren.com – Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, begitulah kalimat yang tidak asing dalam dunia olahraga. Mengapa demikian? Karena dengan kondisi fisik dan mental yang saling mendukung, maka produktifitas pun tinggi. Dengan kata lain, memiliki badan yang sehat, kamu bisa melakukan apapun yang kamu inginkan.

Berbicara tentang olahraga, banyak pilihan yang bisa kamu pilih. Tentunya disesuaikan dengan rutinitas kegiatan dan waktu yang cukup. Oleh karena itu, lakukanlah paling sedikit satu minggu sekali, supaya badan tetap sehat.

Olahraga bisa dilakukan dengan bantuan alat maupun tanpa alat, bisa dilakukan dengan biaya maupun tanpa biaya.

Banyak olahraga yang bisa dilakukan tanpa biaya, seperti olahraga ringan di pagi hari, berlari, jalan kaki, bersepeda dan lain lain.

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang sedang tren saat ini. Peminatnya mulai usia dini, remaja, dewasa hingga lanjut usia. Tak jarang yang membuat komunitas sepeda kemudian melakukan sepeda bersama sama dengan rute yang berbeda tiap minggunya.

olahraga
Komunitas sepeda Remaja LDII Kecamatan Jetis dengan nama Gowes Jetis (Gojet)

Begitu pula dengan Gowes Jetis atau yang biasa disingkat Gojet. Gojet merupakan komunitas sepeda yang diprakarsai oleh Remaja Masjid Nur Aisyah binaan LDII Kecamatan Jetis, Bantul. “Ngepit sesarengan, sehat bebarengan” adalah jargon yang digaungkan Gojet.

Bersepeda bersama atau biasa anak muda menyebutnya Gowes termasuk kegiatan yang banyak peminatnya. Biasanya para komunitas akan melaksanakan gowes pada jumat malam, sabtu pagi dan minggu pagi.

Beberapa tempat yang sering menjadi tempat tujuan adalah nol km, malioboro, tugu Jogja, alun alun, selopamioro, bendungan kamijoro dan beberapa tempat lainnya yang dipandang hits dan mempunyai pemandangan yang indah.

Manfaat bersepeda

Terdapat beberapa manfaat olahraga bersepeda yang perlu kamu ketahui antara lain:

  1. Mengendalikan berat badan
  2. Mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah
  3. Mengurangi risiko kanker
  4. Mengurangi risiko diabetes
  5. Meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi otot tubuh
  6. Mengurangi stres

Nah, itulah beberapa manfaat olahraga yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Untuk kamu yang belum rutin melakukan, yuk mulai olahraga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments