Cara- Cara Sederhana Mengatasi Stres yang Harus Dibiasakan

  • Whatsapp
mengatasi stres

jogjakeren.com – Dewasa ini, tuntutan kehidupan semakin banyak dan beragam. Mulai dari harus punya nilai bagus di sekolah, harus nikah cepet karena teman sudah banyak yang nikah, dan sebagainya. Bahkan banyak juga yang mengalami stres karena hal-hal yang mungkin bagi orang lain sepele, seperti kurangnya kepercayaan diri, dan sebagainya. Stres sendiri merupakan reaksi tubuh, baik fisik maupun psikis, terhadap setiap situasi yang tidak menyenangkan. Nah, stres ini bisa mengakibatkan banyak energi terbuang sia-sia, sulit mengambil keputusan, dan juga menjadi penyebab penyakit tertentu. Itulah kenapa tingkat stres seseorang harus dijaga serendah dan se-stabil mungkin. Berikut ini beberapa kegiatan sederhana mengatasi stres.

Meregangkan Badan

Cara peregangan paling umum dan mudah dilakukan adalah meluruskan tangan sejauh mungkin, seakan-akan ingin mengambil barang beberapa centimeter di depan Anda. Lakukan juga pada kaki dan jari-jari Anda. Lalu pertahankan posisi ini selama kurang lebih 5 detik. Hal terpenting dari kegiatan ini adalah rileks.

Tarik Nafas Panjang

Trik tarik nafas yang meringankan beban pikiran adalah mengeluarkan nafas Anda secara perlahan. Fokuslah pada udara yang meninggalkan paru-paru. Jadi, waktu yang ideal adalah 2 detik mengambil nafas dan 5 detik mengeluarkannya. Coba lakukan rutin pada pagi dan sore hari masing-masing 5 kali lalu lihat dampaknya bagi Anda.

Menikmati Matahari Pagi

Sinar matahari dapat membawa aura positif dan menyegarkan pikiran. Anda bisa menikmati sinar matahari yang baik untuk tubuh antara pukul 09.00 hingga 10.00. Tidak perlu lama, cukup 15 hingga 30 menit saja. Selain baik bagi pikiran, sinar ultraviolet tertentu baik bagi kesehatan fisik.

Belajar Tidak Peduli

Tidak peduli

Tidak peduli pada hal-hal yang tidak berhubungan langsung dengan diri Anda akan membantu Anda mengatasi stres. Anda akan lebih ringan memikirkan sesuatu yang sebenarnya tidak perlu dipikirkan terlalu dalam. Beberapa orang memang butuh berlatih untuk tidak peduli, karena sifat alamiahnya yang lebih peduli dengan orang lain daripada diri sendiri. Apakah Anda salah satunya?

Makan Makanan Berserat

Banyak penemuan yang menyatakan bahwa makanan berserat dapat menurunkan tingkat stres. Beberapa makanan yang mengandung banyak serat adalah buah dan sayuran. Terutama buah dan sayur yang memiliki warna terang. Yuk coba langsung memasukkannya dalam menu makan setiap hari.

Menghitung Anugerah

Tuliskan hal-hal yang terjadi dalam hidup yang Anda nilai sebagai anugerah. Lahir dengan sehat, memiliki orang tua yang lengkap, bertemu dengan teman ngobrol yang nyambung, dan anugerah lainnya. Meskipun anugerah semacam itu tidak bisa dihitung, hal terpenting dari menuliskan anugerah adalah membuat Anda bersyukur. Sehingga meskipun Anda mengalami kejadian yang tak diinginkan, ada hikmah yang dapat diambil.

Hindari Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Membandingkan diri Anda dengan orang lain akan membuat Anda merasa tidak percaya diri, dan bahkan selalu menyalahkan diri sendiri. Hal ini tidak akan membuat Anda bahagia. Jika ingin membandingkan untuk arah yang positif, mulailah dengan membandingkan diri Anda yang dahulu dengan diri Anda sekarang. Yakinkan pada diri Anda bahwa setiap orang memiliki waktunya masing-masing. Waktu untuk menikah, waktu untuk lulus kuliah, dan sebagainya.

Jangan Mengerjakan Apapun

Santai, Tidak Mengerjakan Apapun

Ketika Anda merasa tingkat stres meningkat, jangan lakukan aktifitas apapun. Duduklah dengan santai dan mencoba mencerna kembali apa yang sedang terjadi. Lihat kembali mana yang dapat diperbaiki dan mana yang tidak bisa diperbaiki karena ada di luar kontrol Anda. Lalu fokus pada hal yang masih bisa Anda ubah. Ingat, setelah stres mereda, lakukan kembali kegiatan produktif Anda ya. Jangan terlena. Hehe.

Baca Juga : Gowes and Go Green: Kampanye Gaya Hidup Sehat

Berbagai kegiatan di atas mudah bukan untuk mengatasi stres? Pilih salah satu kegiatan yang paling berpengaruh untuk menurunkan tingkat stres kemudian lakukan. Kegiatan lain selain di atas adalah tertawa dengan teman, yoga, mengekspresikan emosi melalui tulisan, olahraga, dan sebagainya. Selain cara-cara tersebut, mendekatkan diri dengan Tuhan juga ampuh lho. Pada intinya, jangan sampai tingkat stres Anda terlalu tinggi dan berlangsung terlalu lama atau dalam jangka panjang. Hal ini bisa menjadi penyebab gangguan kesehatan lainnya. Mari hidup sehat dan bahagia. 🙂

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *