Pesona Pantai Sundak Gunungkidul dengan Hamparan Karang dan Biota Lautnya

Hamparan Pasir Putih Pantai Sundak
Hamparan Pasir Putih Pantai Sundak (ameera.republika.co.id)

Jogjakeren.com – Wisata Pantai Sundak Gunungkidul menjadi salah satu pantai selatan yang awal dibangun dan telah populer di kalangan wisatawan. Sebagaimana pantai Gunungkidul lainnya, Pantai Sundak juga menyuguhkan keindahan yang begitu memesona.

Sampai saat ini, setiap harinya Pantai Sundak tidak pernah sepi dari pengunjung. Setiap hari pantai ini selalu diramaikan oleh wisatawan yang ingin berlibur atau menggelar acara, terlebih lagi pada weekend.

Fasilitas Pantai Sundak Gunungkidul

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sundak sudah sangat memadai, sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para wisatawan. Pantai Sundak juga telah dikembangkan oleh pemerintah maupun pengelola, sehingga fasilitas juga terus ditingkatkan.

Bacaan Lainnya

Deretan tempat penginapan, restauran, gazebo, toilet, serta masjid tersedia di kawasan pantai ini. Selain digunakan untuk berwisata menikamti keindahan hamparan pasir putih dan airnya yang jernih, Pantai Sundak juga sering dijadikan sebagai tempat pertemuan.

Tersedia pendopo yang cukup besar bagi wisatawan yang ingin menggelar acara pertemuan. Tak hanya itu, di pantai ini juga disediakan panggung yang biasa digunakan untuk mengadakan konser atau gathering.

Hamparan Pasir Putih Pantai Sundak
Hamparan Pasir Putih Pantai Sundak (ameera.republika.co.id)

Keindahan Pantai Sundak Gunungkidul

Pantai ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan deretan pantai Gunungkidul lainnya. Hamparan pasir putih di Pantai Sundak begitu memesona dengan airnya yang begitu jernih.

Kawasan pantai ini juga memiliki area perindangan, yang ternaungi oleh sejumlah pepohonan yang ditanam di kawasan tersebut. Di area ini lah biasanya wisatawan bisa melakukan pertemuan dalam jumlah yang cukup besar. Permainan menarik seperti outbond juga seringkali dilakukan di area ini.

Keindahan Pantai Sundak juga ditambah dengan tersedianya hamparan karang dengan berbagai jenis biota lautnya yang menawan. Wisatawan bisa bermain air sembari mengamati indahnya berbagai hewan yang ada, seperti bintang laut, landak laut, ikan, ular laut, serta anemon laut.

Hamparan Karang Pantai Sundak
Hamparan Karang Pantai Sundak (nativeindonesia.com)

Karena kawasan karangnya yang cukup luas beserta biota laut yang hidup di dalamnya, Pantai Sundak juga sering dijadikan sebagai tempat penelitian lapangan. Umumnya, penelitian di kawasan Pantai Sundak terkait dengan Biologi Avertebrata dan juga Biologi Laut.

Para peneliti bisa melakukan pengambilan data meliputi data biotik dan abiotik di kawasan pantai ini beserta persebaran biota yang ada. Namun, untuk bisa melakukan pengambilan data, harus diketahui bagaimana periode pasang-surut di pantai tersebut.

Lokasi Pantai Sundak Gunungkidul

Secara geografis, pantai ini terletak di Sidoharjo, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta. Pantai Sundak juga cukup strategis karena dekat dengan deretan pantai selatan lain, seperti Pantai Ngandong, Pantai Sadranan, dan Pantai Indrayanti.

Kawasan Pantai Sundak Gunungkidul ini menjadi salah satu rekomendasi wisata alam bagi para wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Gunungkidul ataupun Provinsi Yogyakarta. Mulai dari liburan bersama keluarga, gathering dengan keluarga besar atau rekan sekantor, hingga penelitian biota laut, bisa dilakukan di pantai yang begitu menawan ini.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *