Seimbangkan Kesehatan Jiwa dan Raga dengan 9 Tips Berikut Ini!

  • Whatsapp
Olahraga salah satu aktivitas sederhana
Olahraga salah satu aktivitas sederhana

Jogjakeren– Kira-kira lebih penting yang mana antara kesehatan jiwa dan raga? Mungkin sebagian orang mengatakan kesehatan jiwa itu lebih penting atau sebaliknya kesehatan raga itu lebih penting. Namun, dalam praktiknya kesehatan jiwa dan raga itu pasangan yang tidak dapat terpisahkan. Karena kesehatan raga dan jiwa itu saling berkaitan, sistem yang menyatu, saling membantu dan melengkapi. Maka menjaga kesehatan jiwa dan raga itu sama-sama pentingnya bagi keseimbangan tubuh kita.

Contohnya dalam kehidupan sehari-hari, orang yang bekerja dengan pikiran seperti menjadi guru, dokter, dll, tetapi mereka mempunyai keluhan sakit gigi ataupun sakit yang lain, maka raga dan jiwa mereka akan terganggu. Dengan demikian mereka saat melakukan pekerjaannya tidak akan maksimal.

Bacaan Lainnya

The University of California, San Francisco (UCSF) Medical Centre melakukan penelitian bahwa orang yang stres berlebihan tanpa mengontrolnya dengan baik, maka di tubuh mereka akan melepaskan radikal bebas berlebihan yang menyebabkan mempercepat penuaan.

Jadi kesehatan jiwa dan raga ada hubungannya yang sangat erat. Untuk menjaga keseimbangan antara kesehatan jiwa dan raga maka kita harus melakukan kegiatan yang sederhana misalnya olahraga.

Tips Menjaga Kesehatan Jiwa dan Raga Lewat Aktivitas Sederhana

Menurut UCSF Medical Centre sejumlah aktivitas sederhana jika kita lakukan dengan kesadaran dan rutin dapat menyumbangkan kebugaran jiwa dan raga. Berikut tips menjaga kesehatan jiwa dan raga secara seimbang lewat aktivitas sederhana :

1. Menjaga kesehatan tubuh secara umum. Ini merupakan tips kesehatan secara umum dan mungkin jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Menjaga kesehatan ini dapat dilakukan misalnya dengan berolahraga, puasa berkala, jalan kaki.

2. Sarapan pagi yang baik yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan segar. Ini sangat berguna terutama bagi pekerja dalam ruangan ber-AC.

3. Mengonsumsi makanan bergizi. Agar meningkatkan tubuh dan otak yang prima, sangat disarankan memperbanyak mengonsumsi sayuran yang segar.

4. Jadikan ikan, kacang, dan sayuran sebagai sumber lemak nabati bagi otak kita.

5. Menjalankan pola hidup yang baik. Di antaranya kerja pada waktunya, tidur pada waktunya dan istirahat pada waktunya. Itu semua dilakukan agar terhindar dari perasaan kehilangan gairah berprestasi atau bekerja atau penyakit fisik.

6. Terus berinteraksi sosial secara sehat dan baik supaya tidak cepat lupa.

7. Terus menggunakan otak untuk bernalar atau belajar (membaca, berkreasi secara kreatif, dll).

8. Menjauhkan dari makanan / minuman yang merusak (zat adikitif, misalnya) dan perbanyak minum air putih.

9. Berpikir positif, ciptakan opini positif, sikap positif, dan tujuan positif.

Selain tips di atas masih banyak lagi tips kesehatan aktivas sederhana yang dapat kita lakukan. Intinya, keseimbangan adalah sumber kehamonisan jiwa dan raga. Supaya seimbang, jiwa kita harus dapat mengendalikan dorongan negatif dalam diri kita dan mengontrol raga kita agar selalu tetap prima.

Semoga bermanfaat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *