Simulasi Manasik Haji di Pantai Dewaruci Bak Haji di Tanah Suci

Santriwan santriwati berlatih Manasik Haji di Bumi Pekerti Dewaruci, Jumat (31/12/2021).

Jogjakeren.com – Apakah kalian sudah tahu jika Bantul memiliki wisata religi yang unik dan menarik?  Wisata itu ialah miniatur ka’bah di dekat pantai Dewaruci. Miniatur Manasik Haji ini tepatnya berlokasi di Bumi Perkemahan Dewa Ruci, Dusun Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul, DIY.

Latihan haji sangat memungkinkan dilakukan di kawasan ini karena memiliki fasilitas lengkap meliputi miniatur ka’bah, lokasi sa’i, arafah, dan tiga jumrah (ula, wustha, dan aqabah). Hal ini yang menjadi faktor utama Miniatur Manasik Haji banyak dikunjungi wisatawan untuk melaksanakan praktik haji dan umroh.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 45 santri Ponpes Mulya Abadi berlatih Manasik Haji dengan menggunakan baju ihrom, Jumat (31/12/2021). Dalam setahun, pelatihan ini diadakan 1 periode sekali. Pelatihan ini dimaksudkan untuk mengimplementasikan teori yang sudah diajarkan di dalam Kitab Shohih Bukhori.

“Santriwan santriwati dapat mengetahui gambaran umum praktik pelaksanaan Haji dan Umroh,” kata H. M. Sahli selaku Dewan Pembimbing.

Suhu udara kala itu mencapai 29oC, kurang lebih sama dengan Masjidil Haram di siang hari. Dengan iklim dan cuaca yang sepadan, peserta seakan sedang benar-benar menunaikan Ibadah Haji.

“Hawanya panas dan matahari sangat terik, cocok sekali seperti cerita orang yang pernah berkunjung ke tanah suci,” komentar Aziz, peserta kegiatan.

Setelah pelatihan manasik haji selesai, kegiatan ini dilanjutkan dengan kegiatan keakraban. Dengan keakraban ini, santri Ponpes Mulya Abadi dapat lebih saling mengenal dan semakin akrab.

Salah satu game yang berkesan bagi para santri yaitu adu yel-yel. Santri-santri tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok diharuskan untuk membuat yel-yel sendiri. Oleh karena itulah, masing-masing kelompok menjadi lebih dekat satu sama lain sehingga terwujudlah keakraban antar peserta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.