PPPM Baitussalam Gelar Manasik Haji di Buper Dewaruci

PPPM Baitussalam
Santri PPPM Baitussalam melaksanakan manasik haji di Buper Dewaruci, Bantul, Kamis (18/5/2023).

Jogjakeren.com – Mendekati musim haji, Pondok Pesantren Pelajar dan Mahasiswa (PPPM) Baitussalam, Yogyakarta mengadakan kegiatan manasik haji yang berlokasi di Bumi Perkemahan (Buper) Dewaruci, Bantul, Kamis (18/5/2023).

Manasik haji kali ini diikuti oleh 35 santriwan dan 45 santriwati. Kegiatan diawali dengan penjelasan dan arahan singkat oleh guru ponpes, dilanjutkan rangkaian haji dan umrah seperti miqat, thawaf di ka’bah, lari kecil bukit sofa-marwa, wukuf di arofah, mabit di muzdalifah, lempar jumrah, mabit di mina dan thawaf wada’.

PPPM Baitussalam
Santri saat melakukan sholat dua rakaat dan berdoa di belakang maqom Ibrahim.

Dengan fasilitas miniatur yang disediakan di Buper Dewaruci tersebut, kegiatan manasik haji santri dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan rangkaian haji dan umrah yang sesungguhnya.

Bacaan Lainnya

Sebagai agenda rutin setiap tahun, Ust. Ahmad selaku guru PPPM Baitussalam berharap kegiatan manasik haji ini dapat membantu santri untuk memahami ilmu dan praktiknya secara Alquran Alhadist sehingga ketika diqodar berangkat ke baitullah, santri dapat melaksanakan haji dan umrah sesuai dengan yang telah diajarkan.

PPPM Baitussalam
Santri saat berdoa di bukit Marwa.

Para santri mengaku merasakan manasik haji ini cukup menguras tenaga, namun tetap menyenangkan dan memberikan manfaat. “Saya baru pertama kali mengikuti praktik manasik haji dan ternyata seru. Meskipun area miniatur manasik haji terlihat tidak jauh, tapi ternyata butuh tenaga lebih juga,” kata Dika, santriwan PPPM Baitussalam.

“Banyak pelajaran yang bisa diambil selama kegiatan manasik, salah satunya bisa praktik secara langsung, jadi bukan cuma belajar melalui haditsnya saja. Kami berharap untuk pelaksanaan berikutnya santri dapat melaksanakan dengan lebih baik lagi, mengikuti arahan yang diberikan oleh guru-guru pondok, dan supaya menghafalkan doa-doa haji yang sudah diajarkan,” ujar Faiza, santriwati PPPM Baitussalam.

PPPM Baitussalam
Santriwan PPPM Baitussalam saat melaksanakan manasik haji di Buper Dewaruci.

Setelah rangkaian acara manasik haji selesai, santri PPPM Baitussalam melanjutkan kegiatan rekreasi ke pantai terdekat. Ini menjadi salah satu agenda yang ditunggu-tunggu oleh para santri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *