Tanggal 2 Oktober, Dikukuhkannya Hari Batik Nasional! Yuk Intip Sejarahnya

  • Whatsapp
Batik Indonesia
Batik Indonesia

JogjakerenBatik adalah kain bergambar yang dibuat khusus dengan serentang warna yang meliputi proses pemalaman (lilin), pencelupan (pewarnaan) dan pelorotan (pemanasan), sehingga menghasilkan motif halus, yang asalnya kain tenun berwarna putih (mori) menjadi kain yang terdapat lukisan bernilai seni tinggi.

Apakah Anda mengetahui setiap tanggal berapa Hari Batik Nasional itu diperingati? Iya betul, hari ini 2 Oktober, masyarakat Indonesia memperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Sejarah Hari Batik Nasional

Sebelas tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 02 Oktober 2009 batik ditetapkan sebagai daftar Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO atau Warisan Budaya Takbenda (WBTb) pada sidang UNESCO di Abu Dhabi.

Penetapan itu merupakan ketiga kalinya bagi Indonesia masuk daftar ICH UNESCO setelah keris dan wayang.

Pemerintah Indonesia menerbitkan Kepres No 33 Tahun 2009 yang menetapkan hari Batik Nasional juga dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia.

Pada naskah yang disampaikan ke UNESCO, dikutip dari laman resmi Kemendikbud, batik diartikan sebagai teknik menghias yang mengandung nilai, makna, dan simbol budaya.

Hari Batik Nasional ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan citra positif Indonesia di forum internasional, serta untuk menumbuhkan kecintaan dan rasa bangga masyarakat terhadap kebudayaan bangsanya.

Batik saat ini sudah bisa mengikuti trend kekinian tidak seperti zaman dulu yang terkenal batik itu hanya untuk orang tua tetapi sekarang batik digemari oleh anak-anak bahkan sampai lansia.

Jenis Batik Indonesia

Batik Indonesia mempunyai beberapa jenis, antara lain :

1. Batik Tulis

Jenis batik tulis adalah jenis batik yang dibuat secara manual menggunakan tangan dengan bantuan alat canting untuk menerakan malam ke corak batik yang sebelumnya pola dilukis di kain dengan menggunakan tangan. Pembuatan jenis batik ini membutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang tinggi karena setiap goresan canting akan mempengaruhi hasilnya.

2. Batik Cap

Jenis batik cap adalah batik yang dibuat dengan semacam stempel motif batik, yang mana stempel telah dibuat dari tembaga. Batik cap ini dinilai kurang berseni karena motifnya sama persis dan pembuatannya secara massal.

3. Kombinasi Cap dan Tulis

Ada juga jenis batik yang merupakan kombinasi batik tulis dan batik cap. Jenis batik ini dibuat untuk mengurangi kelemahan-kelemahan pada produk batik cap.

Dalam proses pembuatan batik kombinasi ini perlu persiapan yang rumit. Terutama dari penggabungan motif yang ditulis dan motif catnya. Namun untuk nilai seni produknya disamakan dengan batik cap.

4. Batik Printing

Batik printing atau yang disebut juga dengan batik sablon karena dalam proses pembuatan jenis batik ini lebih mirip dengan penyablonan. Dalam pembuatan batik printing menggunakan alat offset atau sablon. Batik ini pengerjaan yang sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga kita terhadap seni budaya Indonesia marilah setiap tanggal 2 Oktober kita mengenakan pakaian batik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *