Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Ketahui

  • Whatsapp
manfaat kunyit untuk kesehatan
Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Jogjakeren.com – Kunyit merupakan salah satu jenis rimpang yang sudah sangat umum kita temui. Selain sebagai bahan masakan, kunyit juga memiliki berbagai khasiat. Manfaat kunyit untuk kesehatan juga sangat banyak, sehingga kunyit juga dijadikan sebagai salah satu bahan jamu tradisional.

Jamu tradisional seringkali menggunakan kunyit sebagai bahan utamanya. Hal ini dikarenakan khasiat dari kunyit sangatlah luas dan baik untuk kesehatan tubuh. Kunyit dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan dan mengobati maag atau penyakit lambung.

manfaat kunyit untuk kesehatan
Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Berbagai Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Rimpang kunyit memiliki berbagai kandungan senyawa yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa jenis kandungan senyawa bermanfaat yang telah diketahui di antaranya adalah minyak asiri, pellandrene, sabinene, curcumene, camphor, methozinnamic acid, hingga tholymethy carbinol.

Berikut ini Jogker berikan informasi terkait beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh yang wajib Anda ketahui:

Membantu Mengatasi Radang

Salah satu senyawa dalam kunyit, yakni curcumin merupakan jenis antioksidan yang mampu membantu meredakan radang. Curcumin membantu menghentikan kinerja enzim dan sitokin yang merupakan penyebab inflamasi pada tubuh.

Dengan demikian, kunyit dapat dijadikan sebagai tindakan pertama atau langkah alternatif dalam mengatasi radang.

Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Imunitas atau daya tahan tubuh sangat perlu dijaga, sehingga bisa menangkal berbagai penyakit yang mampu menyerang tubuh kita. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan kunyit.

Senyawa antioksidan yang ada dalam kunyit sangat bervariasi. Sementara itu, antioksidan merupakan salah satu jenis senyawa yang mampu menangkal berbagai radikal bebas yang mampu memicu berbagai jenis penyakit.

Meredakan Perut Kembung

Manfaat kunyit untuk kesehatan yang lain adalah untuk meredakan perut kembung. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa curcumin dalam kunyit mampu mengurangi produksi asam lambung yang berlebih.

Tak hanya itu, kandungan senyawa tersebut juga dapat berperan dalam mengurangi tekanan gas pada perut.

Mengatasi Alergi

Kandungan senyawa curcumin dan bidesmetoksikurkumin yang ada dalam kunyit, mampu berperan dalam mengatasi atau mengobati reaksi alergi. Senyawa tersebut dapat membantu menghilangkan gatal-gatal pada tubuh.

Cara kerja dari dua senyawa tersebut adalah dengan menghambat aktivitas protein yang berlebih dalam tubuh yang dapat mencegah pelepasan histamin. Zat histamin inilah yang mengakibatkan munculnya alergi pada kulit.

Menjaga Stabilitas Kadar Gula Darah

Mengonsumsi kunyit secara teratur juga sangat baik untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Senyawa curcumin dalam kunyit mampu membantu menurunkan kadar glukosa darah. Selain itu, senyawa ini juga mampu membantu meningkatkan produksi insulin dalam darah.

Membantu Meredakan Peradangan Usus

Peradangan pada usus menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang cukup sering dialami oleh kebanyakan orang. Kondisi ini apabila terus didiamkan tanpa ada penanganan dapat mengakibatkan diare kronis yang tentu berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Manfaat kunyit yang lain adalah meredakan peradangan usus. Kandungan senyawa curcumin dapat membantu melancarkan kinerja otot pencernaan, sehingga kesehatan usus akan terjaga.

Berbagai manfaat kunyit untuk kesehatan di atas dapat Anda jadikan sebagai informasi dalam penjagaan kesehatan atau pengobatan gangguan kesehatan tertentu. Dengan demikian, tubuh Anda bisa tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *