3 Spot Snorkeling di Gunungkidul dengan Hamparan Terumbu Karang

Spot Snorkeling Pantai Sadranan
Spot Snorkeling Pantai Sadranan (IG: @pantaisadranan)

Jogjakeren.com – Spot snorkeling di Gunungkidul banyak dicari oleh para pecinta snorkeling serta para pengamat terumbu karang. Hamparan terumbu karang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dengan keindahan alam bawah lautnya.

Tak hanya itu, hamparan terumbu karang juga banyak diincar oleh mahasiswa dan peneliti. Hal ini berkaitan dengan karakteristik dan juga keberagaman terumbu karang serta biotanya.

Read More

Gunungkidul yang terkenal dengan deretan pantainya yang begitu menawan, juga memiliki beberapa spot snorkeling yang tak kalah menarik. Kawasan pantai untuk snorkeling di Gunungkidul juga telah banyak diincar oleh wisatawan.

3 Spot Snorkeling di Gunungkidul yang Siap Bikin Kamu Terpesona

Kawasan snorkeling umumnya adalah kawasan pantai dengan hamparan terumbu karang yang sebagian besar selalu terendam air. Dengan sinar matahari yang mampu menembus hingga terumbu karang, akhirnya terumbu karang dapat tumbuh dengan optimal.

Beberapa spot snorkeling di deretan pantai Gunungkidul di antaranya adalah sebagai berikut:

Spot Snorkeling di Pantai Sadranan

Spot Snorkeling Pantai Sadranan
Spot Snorkeling Pantai Sadranan (IG: @pantaisadranan)

Salah satu spot snorkeling yang sangat populer dan banyak dikunjungi wisatawan adalah Pantai Sadranan. Pantai Sadranan ini juga memiliki kawasan pantai yang begitu menawan.

Hamparan pasir putih dipadukan dengan air yang begitu jernih, menjadikan pantai ini tampak begitu mempesona. Tak hanya itu, hamparan terumbu karang di sepanjang garis Pantai Sadranan juga siap memukau wisatawan.

Terumbu karang tumbuh dengan optimal di kawasan pantai ini. Beraneka ragam terumbu karang menghiasi dunia bawah laut Pantai Sadranan. Tak hanya terumbu karang yang beraneka warna, berbagai biota laut juga hidup dalam ekosistem terumbu karang Pantai Sadranan.

Dengan biaya Rp50.000,- pengunjung dapat menyewa perlengkapan yang cukup lengkap untuk snorkeling. Peralatan snorkeling yang disediakan di antaranya adalah sepatu, jaket pelampung, serta kacamata snorkeling.

Spot Snorkeling Pantai Nglambor

Spot Snorkeling di Pantai Nglambor Gunungkidul
Spot Snorkeling di Pantai Nglambor Gunungkidul

Selain Pantai Sadranan, Pantai Nglambor juga menjadi salah satu pantai di Gunungkidul yang dapat digunakan sebagai spot snorkeling. Sebagaimana Pantai Sadranan, Pantai Nglambor juga telah terkenal dengan spot snorkelingnya.

Namun, untuk keindahan pantai secara umum, Pantai Sadranan masih lebih unggul dari pada pantai ini. Pantai ini dikelilingi oleh tebing yang seakan melingkupi Pantai Nglambor. Sebagian besar kawasan pantai juga selalu terendam air, sehingga hamparan pasir tidaklah luas.

Tak hanya itu, Pantai Nglambor juga memiliki kawasan perairan yang lebih dalam jika dibandingkan dengan Pantai Sadranan. Gelombang air yang ada di pantai ini juga lebih besar dari pada gelombang air di Pantai Sadranan.

Untuk bersnorkeling di Pantai Nglambor akan ada pemandu yang mendampingi wisatawan. Pemandu ini akan membantu wisatawan mencari spot terbaik, sekaligus mengabadikan momen di bawah air. Dengan demikian, momen yang luar biasa ketika snorkeling di Pantai Nglambor dapat terdokumentasikan.

Salah satu daya tarik yang cukup menarik dari spot snorkeling di Pantai Nglambor adalah banyaknya ikan-ikan yang berwarna-warni. Tak hanya itu, ikan-ikan tersebut juga bergerombol, sehingga pemandangan di bawah air akan lebih begitu menawan.

Spot Snorkeling Pantai Wediombo

Kawasan Pantai Wediombo (IG: @pariwisatajogja)
Kawasan Pantai Wediombo (IG: @pariwisatajogja)

Pantai Wediombo merupakan salah satu pantai di Gunungkidul yang terletak di bagian ujung timur dan berbatasan dengan kabupaten lain. Selain terkenal dengan keindahan dan keunikannya, Pantai Wediombo juga menyediakan spot snorkeling bagi wisatawan.

Spot snorkeling di Pantai Wediombo memiliki karakteristik yang mirip dengan Karimunjawa, di mana air cukup tenang dan cukup dalam. Perairan di spot snorkeling Pantai Wediombo kurang lebih sedalam 2–3 meter.

Berbeda dengan Pantai Sadranan dan Pantai Nglambor, spot snorkeling di pantai ini tidak berada di bibir pantai. Wisatawan harus dibawa terlebih dahulu dengan perahu untuk menuju spot snorkeling. Tersedia jasa perahu sekaligus tour guide yang akan mendampingi wisatawan.

Setelah dibawa dengan perahu, wisatawan dapat menikmati snorkeling and diving di Pantai Wediombo. Hamparan terumbu karang serta aneka biota laut akan tersaji begitu menawan memanjakan mata para wisatawan.

3 spot snorkeling di Gunungkidul tersebut di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi terbaik Anda. Pastikan pantai-pantai tersebut masuk dalam list kunjungan Anda ketika berkunjung ke Jogja.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *