4 Kuliner Khas Bulan Ramadan yang Bikin Rindu

  • Whatsapp
kuliner khas bulan ramadan
4 Kuliner Khas Bulan Ramadhan yang Bikin Rindu (cnnindonesia.com)

Jogjakeren – Baru saja bulan suci Ramadan telah meninggalkan kita di tahun ini. Berbagai suasana khas di bulan Ramadan tentu akan kita rindukan. Salah satunya kuliner khas bulan Ramadan yang begitu nikmat dan penuh nostalgia untuk dinikmati ketika buka puasa.

Banyak sekali makanan khas yang umumnya hanya disediakan di bulan Ramadan. Kuliner ini sangat identik dengan bulan puasa, sehingga dijamin akan menjadikan kita segera rindu dengan bulan suci Ramadan.

Bacaan Lainnya

kuliner khas bulan ramadhan
4 Kuliner Khas Bulan Ramadan yang Bikin Rindu (cnnindonesia.com)

4 Kuliner Khas di Bulan Suci Ramadan yang Siap Bikin Rindu

Berikut ini beberapa makanan yang begitu khas dihidangkan di bulan suci Ramadan:

Kuliner Khas Ramadan: Kolak Pisang

Hidangan dessert yang manis ini menjadi salah satu kuliner yang khas di bulan puasa. Dengan santan dan gula merah yang kental, pisang dan tambahan bahan lainnya akan sangat segar disantap ketika berbuka puasa.

Kolak pisang ini sudah sangat umum di nusantara, sehingga di mana saja berada, ketika bulan Ramadan, hidangan ini akan sangat mudah untuk dijumpai.

Kuliner Khas Ramadan: Ketupat

Untuk kuliner yang satu ini pasti juga sudah sangat khas dan identik dengan bulan Ramadan. Bahkan, kuliner ini juga seakan sudah menjadi simbol yang khas untuk menggambarkan bulan suci Ramadan.

Ketika Ramadan, Anda tentu juga akan melihat banyak sekali penjual ketupat yang ada di pinggir jalan. Terlebih lagi ketika menjelang lebaran Idul Fitri, pasti penjual ketupat akan hadir di mana saja.

Ketupat dapat dihidangkan dengan berbagai menu hidangan lezat. Opor ayam, sayur, tahu-ketupat, sambal goreng, dan masih banyak hidangan lain yang cocok dipadukan dengan ketupat.

Kuliner Khas Ramadan: Sambal Goreng Ati

Sambal goreng ati juga menjadi salah satu hidangan yang umumnya identik dengan bulan Ramadan. Hidangan ini banyak diminati oleh masyarakat nusantara, sehingga hidangan ini dapat dengan mudah diterima di mana saja.

Bahan utama dari sambal goreng ati ini adalah kentang yang dipotong dadu, hati ayam, serta krecek atau rambak. Bahan-bahan tersebut dioleh dengan bumbu merah pedas, sehingga sangat cocok di lidah masyarakat nusantara.

Menu ini juga dapat dipadukan dengan berbagai hidangan lain, sehingga siap menjadikan buka puasa lebih nikmat.

Kuliner Khas Ramadan: Es Buah

Minuman yang sangat segar ini juga sangat banyak dijumpai ketika bulan Ramdan. Dengan segelas es buah, dahaga setelah seharian berpuasa akan terbayarkan.

Berbagai buah dapat dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat es buah. Namun umumnya, buah yang digunakan di antaranya semangka, melon, timun suri, serta blewah. Untuk kuah es buah, umumnya berbahan dasar susu dan sirup.

Sebagai minuman pembuka, es buah akan menjadikan buka puasa terasa begitu segar. Namun, untuk Anda yang kurang tahan dengan minuman dingin, sebaiknya Anda mengurangi jumlah es atau bahkan lebih baik tidak menggunakan es.

4 kuliner khas bulan Ramadan di atas siap menjadikan Anda bernostalgia dengan bulan suci Ramadan. Meskipun baru beberapa hari saja melewati bulan Ramadan, Anda pasti sudah rindu dengan suasana dan keberkahan bulan suci Ramadan. Semoga kita bisa dipertemukan dengan bulan suci Ramadan yang akan datang ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *