Didominasi Warna Hijau, Musda VII DPD LDII Sleman Kenalkan Batik Parijotho

Peserta Musda VII DPD LDII Sleman Mengenakan Batik Parijotho (Minggu, 05/12/2021)

Jogjakeren.com – Musyawarah Daerah (Musda) VII DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Sleman berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, pada Minggu (5/12/2021). Acara dihadiri tak kurang dari 120 orang dari berbagai instansi pemerintahan dan tokoh masyarakat.

Warna hijau mendominasi Musda VII, dengan dikenakannya seragam berwarna hijau oleh para peserta dan panitia. Pihak penyelenggara memilih motif batik parijotho sebagai representasi kekhasan Kabupaten Sleman, sekaligus mengenalkannya kepada khalayak umum. “Kami memilih warna hijau karena senada dengan warna logo LDII. Sedangkan, motif batiknya adalah batik parijotho khas daerah Sleman,” jelas Ir. Harjanto, ketua panitia pelaksana Musda VII DPD LDII Sleman.

Read More

Yuk, kenali jenis motif batik parijotho

Motif ‘batik khas Sleman’ ini diprakarsai oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kabupaten Sleman yang menyelenggarakan Lomba Desain Batik Khas Sleman pada tahun 2013. Hasilnya, terdapat 8 motif batik yang didaulat sebagai ‘batik khas Sleman’, yaitu:

1. Motif batik Sinom Parijotho

2. Motif batik Salak Pondoh

3. Motif batik Belut dan Salak

4. Motif batik Gajah Kombinasi Parang Rusak Baron

5. Motif batik Salak

6. Motif batik Salakan

7. Motif batik Sinom Parijotho Salak

8. Motif batik Salak Pondoh

Menurut laman Motifbatik.web.id, motif batik ini secara resmi diluncurkan pada 25 April 2014 oleh Bupati Sleman. “Berawal dari keresahan saya ketika Kabupaten Sleman (tidak) memiliki motif batik. Saya mengadakan lomba desain batik Sleman pada tahun 2013,” kata Kustini Sri Purnomo, yang kala itu menjabat Ketua Dekranas Kabupaten Sleman.

Dalam rangka menjaga originalitas motif batik ‘khas Sleman’ ini, Pemerintah Kabupaten Sleman menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 35 Tahun 2015 tentang Tata Kelola Batik. Di antaranya, para pengrajin binaan tidak diperkenankan untuk memproduksi kain motif batik atau printing.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *