Kantongi Best Tourism Village 2021, Yuk Intip Pesona Desa Wisata Nglanggeran

Waduk Nglanggeran (Foto: Kompas.com)

Jogjakeren.comSobat Jogker, siapa nih yang suka liburan atau travelling? Ada loh desa wisata di Yogyakarta yang baru-baru ini menyabet penghargaan Best Tourism Village 2021, yaitu desa wisata Nglanggeran.

Pernah berkunjung ke sana? Atau sebatas pernah mendengar dari lagu yang dibawakan sang Maestro, mendiang Didi Kempot berjudul “Banyu Lagit” ?

Read More

Ademe Gunung Merapi Purbo, melu krungu suaramu ngomongke opo

Ademe Gunung Merapi Purbo, sing neng langgran Wonosari, Yogjokarto

Desa Wisata Nglanggeran meraih penghargaan Best Tourism Village 2021 dari Organisasi Pariwisata Dunia, UNWTO. Desa yang berada di Kalurahan Nglanggeran, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul ini berhasil mengalahkan desa-desa wisata unggulan dari berbagai negara di dunia. Dilansir dari laman resmi UNWTO, selain Desa Nglanggeran terdapat 43 desa lain dari 31 negara yang mendapat predikat yang sama.

Penghargaan Best Tourism Village bertujuan untuk memajukan peran pariwisata dalam menjaga desa-desa, bentang alam, keanekaragaman alam dan budaya, serta nilai dan aktivitas lokal, termasuk gastronomi lokal.

Ada tiga desa wisata di Indonesia yang diajukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk mengikuti seleksi Best Tourism Village 2021. Desa Nglaggeran menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang mendapatkan penghargaan tersebut. Adapun desa wisata lainnya adalah desa wisata Tetebatu di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat dan desa wisata Wae Rebo di Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Terdapat sembilan kriteria penilaian, meliputi aspek keberlanjutan lingkungan, sumber daya alam dan budaya, infrastruktur dan konektivitas, serta tindakan dan komitmen yang inovatif dan transformatif terhadap pengembangan pariwisata yang sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Hal ini tak ayal meningkatkan promosi wisata Indonesia di kancah Internasional. Dengan diberikannya predikat UNWTO Best Tourism Villages Label, Desa Nglanggeran telah mengantongi pengakuan internasional sebagai contoh dalam praktik destinasi wisata pedesaan.

Lalu, bagaimana pesona dan keunggulan Desa Nglanggeran?

Sugeng Handoko, penggagas dan pendiri ekowisata Desa Nglanggeran, menilai bahwa Nglanggeran merupakan desa wisata yang cukup komplit. “Kami bersyukur ya Nglanggeran cukup komplit dan memang desa wisata yang berkembang. Selain itu pernah menyandang desa mandiri menginspirasi dari Kemenparekraf. Kemudian kita pernah menjadi pemenang desa wisata terbaik ASEAN 2017, kemudian penghargaan ASTA (ASEAN Sustainable Tourism Award) tahun 2018,” ucapnya (3/12/2021).

Lebih lanjut, kata Sugeng, desa wisata Nglanggeran memiliki keunggulan dalam menyelaraskan kelestarian alam dengan atraksi Desa Wisata. Pihaknya juga tetap mempertahankan kearifan lokal dalam mengembangkan potensi Nglanggeran.

Desa wisata Nglanggeran (Foto: DetikTravel.com)

Wilayah Desa Nglanggeran memiliki luas 762,0990 hektar. Berikut ini beberapa destinasi yang bisa dikunjungi:

1. Gunung api purbo

2. Waduk Nglanggeran

3. Air Terjun Talang Purba dan Kedung Kandang

4. Pesona mistis Kampung Pitu

Selain itu, Desa Ngalnggeran juga menyediakan fasilitas edukasi seperti pawon purba, edukasi budidaya kakao, membatik di media topeng kayu, olahraga trekking, serta homestay dan kegiatan outbond.

Gimana Sob? Sudah siap berwisata, kan?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *