Kembesda Sako SPN Serahkan Bantuan Sosial bagi Warga Sekitar Perkemahan

Kembesda
Sekretaris Mabida Sako SPN DIY Kak H. Jiwantara, S.Pd. memberikan bantuan kepada warga kurang mampu di Kalurahan Giripeni, Rabu (29/6/2022).

Jogjakeren.com – Kemah Besar Daerah (Kembesda) Sakoda SPN Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun 2022 dilaksanakan pada Rabu dan Kamis, 29-30 Juni 2022 di lapangan Gunung Gempal, Giripeni, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo. Mengangkat tema “Membangun Pribadi Profesional dan Religius di Era Milenial”, Rabu (29/6/2022).

Kegiatan Kembesda ini adalah kali pertama dilaksanakan semenjak pandemi Covid-19. Pemerintah memberi kebijakan semua kegiatan yang menimbulkan kerumunan ditiadakan dan dialihkan melalui online. Beberapa kegiatan termasuk latihan pramuka pun dilakukan melalui online. Hal ini menjadi kendala bagi anak didik dalam pendidikan karakter.

Read More

Kemampuan bersosialisasi, bertanggung jawab, menghargai kurang terbiasa karena tidak ada wadah untuk menyalurkannya. Melalui Kembesda ini harapannya peserta mampu saling berinteraksi di dalam tenda maupun dalam kegiatan perkemahan.

Melalui materi yang sudah dirangkum dalam kegiatan Kembesda ini peserta diberikan wawasan mengenai kebudayaan tradisional, lomba-lomba dan kegiatan sosial. Salah satunya kegiatan pemberian bantuan sosial terhadap masyarakat yang kurang mampu di wilayah Gunung Gempal, Giripeni. “Kegiatan ini merupakan wujud pembentukan karakter perilaku peduli terhadap sesama. Ada 15 sasaran penerima bantuan sosial yang disiapkan oleh panitia,” kata Sekretaris Mabida Sako SPN DIY Kak H. Jiwantara, S.Pd.

Dalam pemberian bantuan sosial ini turut berpartisipasi dari beberapa tokoh masyarakat. Hal ini sebagai bentuk contoh kepedulian sesama yang dapat dipraktekkan pula pada peserta Kembesda.

Dengan demikian peserta perkemahan bisa mengaplikasikan karakter mulia yang sudah disampaikan secara teori dan terwujud kepedulian membantu sesama serta kesadaran diri masing-masing peserta. Dengan kata lain target pembentukan pendidikan karakter bisa tercapai.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.