Ketika Pesawat Sebesar Antonov AN124-100 Sambangi Bandara YIA

Pesawat Antonov AN124-100 Raksasa Pengangku Kargo (gambar : Beritasatu)
Pesawat Antonov AN124-100 Raksasa Pengangku Kargo (Foto: Beritasatu)

Jogjakeren.com – Tentunya kalian sudah sering melihat pesawat. Tapi dengan ukuran ‘raksasa’ sebesar Antonov AN124-100, apakah pernah menyaksikannya? Baru-baru ini, Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo kedatangan tamu si jumbo tersebut.

Pesawat Antonov Internasional AN124-100 mendarat sempurna di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) pada Rabu (10/3/2021) kemarin. Pesawat ini yang diklaim sebagai pesawat terbesar kedua di dunia itu, sebagaimana dijelaskan Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, merupakan pesawat kargo buatan Ukraina. Kapasitas muatan yang dapat ditampung sangat besar, bisa mencapai 150 ton.

Bacaan Lainnya

Dari Malaysia, Pesawat Antonov Menuju Amerika

Bandara YIA sendiri memiliki dua terminal kargo yaitu domestik dan internasional. Untuk kargo domestik, luasnya 3.546 meter persegi dan daya tampung hingga 390 ton. Sedangkan untuk kargo internasional, luasnya 2.304 meter persegi dengan daya tampung 250 ton.

Panjang runway atau landasan pacu yang dimiliki bandara YIA yaitu 3.250 x 45 meter persegi. Tentunya, hal tersebut sangat mendukung mulusnya pendaratan dan lepas landas. Antonov AN124-100 yang berangkat dari Bandara Sultan Ismail Johor Baru Malaysia berhasil mendarat dengan mulus di YIA pada pukul 09.42 WIB, dan sukses lepas landas menuju Colombus Amerika Serikat pada sore hari pukul 16.55 WIB.

Pesawat Antonov AN124-100 Raksasa Pengangku Kargo (sumber : Beritasatu)
Pesawat Antonov AN124-100 Raksasa Pengangku Kargo (Foto: Beritasatu)

Pesawat tersebut mengangkut kargo seberat 62 ton berisi wire harness (kabel). Penerbangan ini menjadi penerbangan ekspor kargo yang pertama kali menggunakan pesawat Antonov. “Pesawat Kargo Antonov AN124-100 telah berhasil mendarat dan lepas landas di YIA dengan mulus. Hal tersebut, salah satunya, didukung dengan tingkat kekerasan runway, taxiway, dan apron yang lebih besar daripada spesifikasi landasan yang dibutuhkan untuk kebutuhan pendaratan dan penerbangan pesawat Antonov AN124-100,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (11/3/2021).

Suara Keras Menggelegar

Warga sekitar Bandara YIA tentunya sudah terbiasa dengan suara pesawat terbang selama ini. Namun, mereka sempat kaget dengan kerasnya deru mesin pesawat antonov. “Rabu sore kemarin, suara pesawat meraung keras menggelegar. Tidak seperti umumnya. Sempat takut kalau mau jatuh, ternyata memang pesawat gede ya. Baru lihat beritanya sih,” kata Meita, warga yang tinggal radius 4 km dari bandara.

Dari segi ukuran, pengunjung bandara pun akan sangat mudah membedakan karena ukuran fisiknya yang sangat jumbo. Nurhadiyanto, salah seorang pengusaha transportasi online, menceritakan pengalamannya. Biasanya badan pesawat hanya terlihat sedikit dari tempat parkir bandara,  karena tertutup bangunan bandara. Tetapi pesawat antonov kemarin terlihat sangat jelas sampai ekornya, tampak menggunung. “Mungkin ada 3x lipat dari pesawat yang biasa mendarat di sini”, jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.