LDII Jambidan Adakan Buka Puasa Bersama, Anak-anak Mendapat Banyak Hikmah

LDII Jambidan
Anak-anak Mushola Nur Hasanah melaksanakan buka puasa bersama tiga kali dalam seminggu selama bulan Ramadan.

Jogjakeren.com – Selama bulan Ramadan 1443 H ini, Pengurus Anak Cabang (PAC) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kalurahan Jambidan, Banguntapan, Bantul, mengadakan buka bersama untuk anak-anak usia PAUD, TK, SD dan SMP. Acara ini dilakukan tiga kali dalam seminggu pada hari Senin, Kamis dan Sabtu.

Kegiatan yang diikuti 50 peserta ini berlangsung di Mushola Nur Hasanah, Jambidan Lor RT 06, Jambidan, Banguntapan, Bantul. H. Sunardi, Dewan Penasihat PAC LDII Jambidan menyampaikan bahwa salah satu tujuan buka bersama ini, agar anak-anak senang dan lebih semangat dalam menambah ilmu agama. “Agar anak-anak tambah semangat mengaji, selama bulan Ramadan ini kita ajak makan bersama saat buka puasa,” ungkap Sunardi mengawali buka bersama.

Read More

Perlu diketahui bahwa di luar bulan Ramadan, di mushola ini sudah rutin diadakan pengajian untuk anak-anak tiga kali dalam seminggu. Hanya saja tidak ada makan bersama seperti saat bulan Ramadan seperti ini. Salah satu dewan guru pengajian, Asmarani, menyampaikan bahwa dalam acara buka bersama ini, banyak hikmah yang diperoleh anak-anak. “Saat buka bersama seperti ini, sekalian untuk menerapkan sebagian ilmu yang selama ini diberikan kepada anak-anak,” ungkap Asmarani usai buka bersama.

LDII Jambidan
Selesai makan, anak-anak diajarkan untuk membersihkan tempat dan membuang sampah pada tempatnya.

 

LDII Jambidan
Anak-anak yang menggunakan sepeda dilatih untuk menata sepedanya dengan rapi.

Sejak datang di mushola, anak-anak yang membawa sepeda dilatih untuk menata sepedanya yang rapi di halaman. Saat pembagian takjil menjelang berbuka, anak-anak menunggu dengan duduk berjajar untuk berlatih tertib antri. Sebelum makan, anak-anak diajak berdoa. Saat makan diajarkan agar menggunakan tangan kanan.

Selesai makan juga diajari berdoa, dilanjutkan dengan membuang sampah pada tempatnya. Piring, sendok dan gelas yang kotor, mereka disuruh mencuci sendiri-sendiri. Termasuk pula sebelum pulang ke rumah masing-masing, anak-anak diajak membersihkan tempat.

Meskipun hal-hal di atas sudah sering disampaikan dalam pengajian rutin mingguan di luar bulan Ramadan, namun saat buka bersama seperti ini, mereka dapat praktek secara langsung menerapkan ilmunya Harapan pengurus, kegiatan-kegiatan kecil di atas, akan menjadi pelajaran berharga bagi anak-anak, dan akan teringat terus sampai mereka dewasa. Inilah hikmah yang dapat diambil saat anak-anak diajak buka bersama. Masih banyak hikmah lain yang dapat digali dari setiap kegiatan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.