Mencari Rezeki dengan Sedekah

  • Whatsapp
Sedekah
Ilustrasi sedekah.

Jogjakeren – Sebagian orang beranggapan bahwa mereka akan bersedekah setelah keadaan ekonomi dirinya lebih alias setelah menjadi orang kaya. Padahal ujud sedekah tidak terbatas hanya pemberian berbentuk materi/uang. Apapun yang diberikan kepada orang lain untuk kepentingan sosial maupun ibadah kepada Allah SWT, juga termasuk sedekah.

Allah SWT juga berjanji akan membalas kepada orang yang bersedekah dengan rezeki yang lebih baik. Ini tercantum dalam surat Saba’ (39) yang berbunyi : “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya”.

Dalam beberapa riwayat, Nabi Muhammad SAW juga menegaskan bahwa ujud sedekah tidak terbatas hanya pemberian yang berkaitan dengan materi/uang. Sangat banyak ujud sedekah seseorang kepada orang lain, mulai dari memberi senyuman kepada teman, mengeluarkan tenaga dan mengorbankan waktu untuk membantu orang lain yang membutuhkan sampai berbagi ilmu bermanfaat juga merupakan bentuk-bentuk sedekah.

Banyaknya jalan sedekah ini menegaskan kembali bahwa agama Islam itu mudah. Setiap muslim dapat menjalankan dan memiliki peluang untuk berbagi kepada orang lain sesuai dengan kemampuan masing-masing. Bagi orang yang memiliki harta/uang, dapat dilakukan dengan menyisihkan sebagian hartanya untuk diberikan kepada pihak yang membutuhkan. Bagi yang hartanya pas-pasan yang terkadang untuk makan harian saja masih kekurangan, bisa dengan tenaga atau pikirannya untuk hal kebaikan.

Apapun bentuk yang dikeluarkan seseorang, sesuai dengan ayat di atas, Allah SWT pasti memberi balasan rezeki lebih baik kepada mereka. Yang perlu difahami bersama bahwa balasan rezeki ini tidak terbatas berupa materi/uang dan tidak harus berasal dari orang yang telah kita beri, tetapi berasal dari orang/pihak lain yang kita tidak tahu dan tidak menyangka.

Ujud balasan rezeki dapat berupa badan sehat, mempunyai banyak teman, lingkungan masyarakat yang aman dan nyaman, serta memiliki anak sholih/sholihah dan pasangan yang penuh pengertian juga termasuk rezeki setiap orang.

Jadi tidaklah berlebihan apabila dikatakan bahwa untuk mendatangkan rezeki dapat dilakukan dengan sedekah. Hal ini ujud nyata dari firman Alloh SWT dalam hadist qudsi yang berbunyi : Berikanlah infak, maka Aku (Alloh) akan infak pada kalian”.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *